Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

KAPER BPKP JABAR MEMBERIKAN PEMBEKALAN KEPADA APARATUR PEMKOT DEPOK
07 Agustus 2019 13:46:39 / jabar / dibaca: 90 kali / Kat: SPIP

Depok, 6 Agustus 2019 bertempat di Lantai 5 Gedung Balai Kota, Walikota beserta pars Camat dari wilayah Kota Depok telah secara resmi bertekad untuk melaksanakan SPIP, RB dan Zona Integritas di 11 Kecamatan yg ada di Kota Depok. Penandatangan pakta integritas tersebut disaksikan oleh seluruh Lurah dan Inspektur Kota Depok, serta Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat.

 

<!--[endif]-->

Selanjutnya sambutan diberikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Mulyana yang mengapresiasi tekad dari Pemerintah Kota Bogor untuk menerapkan SPIP, RB, dan ZI sampai pada unit organisasi terkecil di seluruh Kecamatan dan Kelurahan. Selain itu, Mulyana juga menyampaikan bahwa Zona Integritas merupakan miniatur dari Reformasi Birokrasi, oleh karena itu bila setiap unit organisasi di Kota Depok didorong untuk melaksanakan ZI maka secara otomatis Pemerintahan Kota Depok telah melaksanakan RB secara menyeluruh.

Namun demikian, Mulyana juga mengingatkan bahwa penandatanganan pakta integritas merupakan komitmen awal dari Walikota sebagai tone at the top yg harus diikuti oleh komitmen yg sama dari para Camat dan diikuti dengan penyiapan tim kerja, penyusunan rencana aksi dan implementasi membangun SPIP dan ZI secara  konsisten, serta dilakukan evaluasi dan pemantauan berkelanjutan supaya dapat diikuti perkembangan implementasinya.

Dari sisi pengawasan intern, Mulyana menegaskan apabila semua unit organisasi di Kota Depok dapat menerapkan SPIP secara baik dan efektif, serta didukung dengan peran Inspektorat Kota Depok yg kapabel dalam melaksanakan pengawasan intern, maka program RB dan ZI tersebut akan dapat mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrat Bersih Melayani secara nyata, "SPIP, RB, dan ZI di Kota Depok bukan hanya untuk memperbaiki dan bermanfaat bagi para aparatur birokrasi tetapi yg lebih utama adalah supaya dapat mewujudkan aktivitas Pemerintahan Kota Depok dapat terlaksana secara baik dan efektif , sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Kota Depok", pungkas Kaper BPKP Provinsi Jabar tersebut.

Di akhir acara, Walikota Kota Depok KH. DR. Mohammad Idris, MA mengingatkan para Camat untuk melaksanakan secara sungguh-sungguh pakta integritas penerapan SPIP, RB dan ZI serta tidak usah sungkan untuk berkonsultasi kepada Inspektorar dan BPKP "Para Kepala OPD dan para Camat harus dapat memanfaatkan  keberadaan BPKP untuk mencapai tujuan yg sudah ditetapkan Pemerintah Kota, bila ada masalah dalam melaksanakan kegiatan segeralah berkonsultasi kepada Inspektorat dan BPKP". Acara ditutup dengan penandatangan pakta integritas oleh Walikota dan 11 Camat yg ada di Kota Depok dan photo bersama sebagai wujud semangat menuju kota Depok yg bebas dari korupsi dan bersih melayani.

(Humas Jabar / SR / DY)  



Share      

Berita Terkait:

24 Mei 2019 09:23:29 / jabar / dibaca: kali / Kat: SPIP
PENANDATANGANAN KOMITMEN RENCANA AKSI PENINGKATAN MATURITAS SPIP LEVEL 3 KABUPATEN MAJALENGKA
01 Nopember 2017 13:52:43 / jabar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Workshop Strategi Peningkatan Maturitas SPIP
09 Pebruari 2017 08:12:40 / jabar / dibaca: kali / Kat: SPIP
DPRD Kab.Tasikmalaya Dapatkan Pencerahan dari BPKP Jabar
18 Agustus 2016 10:25:02 / jabar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Peningkatan Efektifitas Manajemen Risiko Pada JKN/KIS Jawa Barat
19 Oktober 2015 07:47:19 / jabar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Probity Audit guna Meminimalisir Risiko