Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Komisaris Utama PTPN VIII, Asesmen/Penilaian Penerapan GCG momentum terbaik untuk pembaharuan
25 April 2017 09:02:25 / jabar / dibaca: 720 kali / Kat: Evaluasi

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Deni Suardini menghadiri Exit Meeting atas Pelaksanaan Assessment Good Corporate Governance (GCG) Tahun 2016 pada Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII bertempat di Ruang Direksi PTPN VIII Jalan Sindang Sirna – Bandung, Selasa (18/4/2017).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Deni Suardini menghadiri Exit Meeting atas Pelaksanaan Assessment Good Corporate Governance (GCG) Tahun 2016 pada Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII bertempat di Ruang Direksi PTPN VIII Jalan Sindang Sirna – Bandung, Selasa (18/4/2017).

Hadir pada acara tersebut Komisaris Utama Karen Tambayong, Direktur Utama Bambang Murtioso, Manajemen PTPN VIII Agus Wisma dan Tim dari BPKP pimpinan Korwas Bidang AN I Ikhwan Mulyawan. Dalam sambutannya Komisaris Utama Karen Tambayong menyampaikan bahwa kegiatan Assessmen/Penilaian Penerapan GCG di PTPN VIII merupakan momentum yang terbaik untuk pembaharuan GCG, upaya-upaya agar kedepan dapat lebih fokus lebih lanjut Karen menyampaikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Jabar atas kesediaannya menjadi mitra kerja perusahaan dan berharap kedepan lebih intensif lagi.

Kesempatan berikutnya Kepala Perwakilan dalam sambutan pengantarnya mengulas Hasil Assessment/Penilaian Penerapan GCG Tahun 2016 PT Perkebunan Nusantara VIII dikaitkan dengan prinsip-prinsip GCG yang wajib dipenuhi oleh perusahaan baik pemerintah maupun swasta yaitu adanya “TARIK” yaitu Tranparancy, Akuntability, Responsibility, Indepency dan Kewajaran (Fairness). Lebih lanjut Kaper menyampaikan apresiasi atas Hasil Assessment PTPN VIII Tahun 2016 dengan perolehan score 84,96. Hasil ini merupakan kerja keras dari semua unsur di jajaran PTPN VIII, dan harapan Kaper score dapat ditingkatkan di tahun mendatang.

Ekspos hasil assesment disampaikan Korwas AN I Ikhwan Mulyawan didampingi oleh Ketua Tim Amrival, yang menekankan bahwa BPKP berpegang pada ketetapan pemerintah yang mengatur bagaimana sebuah perusahaan / BUMN harus melaksanakan GCG. Dari hasil assesment GCG di PTPN VIII masih terdapat kelemahan yang harus dibenahi. Meskipun hasil score telah mencapai 84,96 namun ada Aspek-aspek yang masih perlu diadakan perbaikan  agar Assesment GCG memperoleh nilai yang lebih baik lagi. Aspek yang paling mendasar yang masih perlu perbaikan antara lain Kontrak manajemen belum dilakukan berjenjang setiap unit, sub unit dan jabatan struktural/fungsional dalam organisasi, Tidak adanya KPI dan laporan pencapaian kinerja per direktorat sesuai dengan SK Kemenag BUMN Nomor S-08/S.MBU/2013 tanggal 16 Januari 2013 tentang Penyampaian Pedoman Penentuan KPI dan Kriteria Penilaian Kinerja Unggul pada BUMN, dan belum dilakukannya audit atas TI perusahaan dan perlu meningkatkan maturity level TI dari level saat ini (level 2 = berulang), serta masih rendahnya tingkat kepatuhan pegawai dalam penyampaian LHKPN kepada KPK yang wajib disampaikan setiap tahun.

Menanggapi masih adanya kelemahan-kelemahan di beberapa aspek Karen berjanji akan memperbaiki/meningkatkan ke arah yang lebih baik dan mengharapkan dukungan-dukungan BPKP Jawa Barat untuk PTPN VIII baik didalam maupun diluar kegiatan ini secara berkelanjutan.

(Humas BPKP Jabar/SR)



Share      

Berita Terkait:

15 September 2017 13:55:26 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Kepala BPKP Menghadiri Rapat Progress Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung
03 Maret 2017 10:30:37 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Provinsi Jawa Barat dikunjungi Komisi XI DPR RI
18 Mei 2016 10:28:54 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Meningkatkan Kualitas dan Kinerja Layanan Melalui IT Service Management
02 Mei 2016 09:21:19 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Rapat Pembahasan Profil Indikator Kinerja Pengawasan
16 Maret 2016 13:53:16 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Peninjauan Rencana Peningkatan Jalan Akses Venue Dayung PON XIX