Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Meningkatkan Kualitas dan Kinerja Layanan Melalui IT Service Management
18 Mei 2016 10:28:54 / jabar / dibaca: 2283 kali / Kat: Evaluasi

Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat menerima kurang lebih 100 orang tenaga TI dari pusat dan unit perwakilan dalam kegiatan Forum Tata Kelola TI tahun 2016, dengan tema “Meningkatkan Kualitas dan Kinerja Layanan Melalui IT Service Management”

Pusat Pengembangan Informasi dan Pengawasan BPKP, mengagendakan forum tata kelola TI, untuk para pengelola TI pusat dan unit perwakilan. Mereka adalah insan-insan pengelola peralatan teknik informasi, sehingga forum yang sebelumnya diberi label forum Pranata Komputer, diganti menjadi Forum Tata Kelola TI. Tujuannya untuk memotivasi  para pranata komputer dan tenaga TI agar meningkatkan kompetensinya, berbasis dari apapun materi yang akan dijelaskan, termasuk dari kapabilitas mentoring software dan kapabilitas jaringan.

Yuler Bastian mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, selaku “tuan rumah” mengucapkan selamat datang kepada para pejabat di lingkungan Pusinfowas BPKP dan peserta forum. Beliau menyampaikan harapan, dengan diadakan forum ini bisa meningkatkan kinerja layanan TI bagi masing-masing unit.

Agust Yulian, mewakili Kepala Pusinfowas BPKP, membuka secara resmi forum yang akan dilaksanakan dari tanggal 17 Mei sampai dengan 20 Mei 2016 ini. Dalam sambutan yang disampaikan pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi ini, bahwa jumlah pranata komputer yang menurun ini, bukan sesuatu yang jelek juga, karena banyak dari jabatan pranata komputer mempunyai kemampuan lebih sehingga beralih ke jabatan fungsional lainnya yang ada di BPKP. Jika penurunan dalam rangka peningkatan kualitas atau pekerjaan /amanah, itu merupakan sesuatu yang bagus.

“Di tahun 2016 terjadi eskalasi peningkatan pranata komputer, baik di daerah atau pusat. Di bulan Januari sampai dengan pertengahan triwulan pertama, Pusinfowas BPKP disibukan dengan pemenuhan supporting kegiatan nasional, reviu penyerapan anggaran, sehingga rencana workshop yang akan dilaksanakan dengan perwakilan kita tunda”  terang Agus.

Masih dalam materi sambutan yang disampaikan pria kelahiran tahun 1973 ini, bahwa revitalisasi prakom terjadi karena issue-issue, misalnya masalah security dan integrasi data sehingga banyak peserta diklat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan itu menggunakan pola proyek perubahan yang mengharuskan adanya inovasi, biasanya yang paling sering adalah membuat aplikasi, hal ini menuntut peran-peran di pusat atau perwakilan untuk mensupport dengan tetap mengedepankan aset-aset pengembangan sistem informasi.

Beberapa issue lainnya yang terjadi selama setahun ini adalah legalitas software, yang sampai sekarang masih berproses, beliau memberi semangat kepada peserta forum agar tetap bersemangat untuk mengatasi hal ini, dan tidak kembali menggunakan hal yang tidak layak  digunakan. Namun solusi yang ditawarkan terdengar optimis, karena saat ini pihak Pusinfowas sedang merancang bagaimana mekanismenya, jika  membeli produk legal dengan keuntungan-keuntungan yang akan didapat.

Kendala lain yang patut diberikan porsi lebih,  baik oleh pusat atau unit perwakilan adalah masalah infrastruktur, yang memiliki masa ekonomisnya, seperti jaringan terkait kabel jaringan yang bisa aus atau bocor.

Rencana untuk tahun depan, akan diberikan “award” bagi unit kerja yang paling baik mengimplementasikan tata kelola informasi,  semoga menjadi motivasi bagi para pengelola TI unit kerja.

 

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

15 September 2017 13:55:26 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Kepala BPKP Menghadiri Rapat Progress Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung
25 April 2017 09:02:25 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Komisaris Utama PTPN VIII, Asesmen/Penilaian Penerapan GCG momentum terbaik untuk pembaharuan
03 Maret 2017 10:30:37 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Provinsi Jawa Barat dikunjungi Komisi XI DPR RI
02 Mei 2016 09:21:19 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Rapat Pembahasan Profil Indikator Kinerja Pengawasan
16 Maret 2016 13:53:16 / jabar / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Peninjauan Rencana Peningkatan Jalan Akses Venue Dayung PON XIX