Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara

Rapat tersebut mengusung tema Pariwisata Sulawesi Utara Bangkit, Menuju Masyarakat Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera.

Menjadi narasumber dalam rapat tersebut Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri yang dihadiri oleh Bachtiar Sinaga.

  

Di dalam rapat tersebut, hadir secara fisik Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Kepala/Wakil Kepala Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara, Ketua/Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Ketua/Wakil Ketua DPRD Kota/Kabupaten se-Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, A. Dita Prawitaningsih, dan Kapolda Sulawesi Utara, Nana Sudjana. Kemudian hadir secara daring Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) se-Sulawesi Utara.

  

Agustina Arumsari menyampaikan bahwa fokus yang terpenting saat ini adalah sinergi pengawasan pusat dan daerah sehingga tercapainya tujuan bersama. Ia menambahkan, pentingnya komitmen dan upaya bersama dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan di daerah yang belum optimal disebabkan oleh kualitas perencanaan yang belum maksimal serta cross cutting program belum dirancang dengan baik. Selanjutnya, ia menjelaskan mengenai urgensi pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan daerah, fokus peningkatan pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan daerah, dan 2 (dua) pengawasan isu tematik di provinsi Sulawesi Utara.

-Kominfo DBI-