Deputi Bidang Investigasi

Berita Seputar Deputi Bidang Investigasi

Pemaparan risiko fraud di proses bisnis investasi pada BPJS Ketenagakerjaan
06 Nopember 2018 09:10:19 / investigasi / dibaca: 132 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Pada hari Kamis-Jumat, tanggal 2-3 November 2018 bertempat di ruang Sumatera Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, dilakukan Pembahasan Hasil Evaluasi Fraud Control System (FCS) di BPJS Ketenagakerjaan.

Acara tersebut dihadiri Deputi Direktur Bidang Kepatuhan dan Hukum, Deputi Direktur Bidang Manajemen Risiko, Deputi Direktur Pengembangan Investasi, Asisten Kepala Satuan Pengawas Internal, beserta para staf dari BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan Agustina Arumsari, Direktur Investigasi BUMN & BUMD BPKP, memimpin rombongan Deputi Investigasi BPKP yang terdiri dari Kasubdit investigasi BUMD dan Tim FCS untuk BPJS Ketenagakerjaan.

Tim BPJS Ketenagakerjaan yang diwakili Asisten Deputi Direktur Bidang Kepatuhan Internal, Suirwan, menyambut positif masukan dan rekomendasi dari Tim BPKP. Suirwan menyampaikan bahwa langkah-langkah yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan telah sejalan masukan dan rekomendasi dari Tim BPKP, antara lain dalam hal rekrutmen pegawai di BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2018, secara keseluruhan tahapan telah menggunakan TI. Tim BPJS Ketenagakerjaan mengucapkan terima kasih atas masukan dan rekomendasi terkait Fraud Control System, khususnya pada bagian WhistleBlowing System yang memang masih perlu banyak perbaikan.

Di penghujung acara, Direktur Investigasi BUMN & BUMD BPKP, memberikan pemaparan mengenai risiko-risiko fraud di proses bisnis investasi pada BPJS Ketenagakerjaan. Isi pemaparan tersebut antara lain mengenai pentingnya penggunaan teknologi informasi (TI), terutama pada proses bisnis dengan risiko tinggi seperti investasi. Selain itu, ditekankan juga pentingnya Fraud Risk Assessment (FRA) untuk menentukan risiko-risiko tinggi yang menjadi prioritas, sehingga dalam pengelolaan risiko, tidak memakan terlalu banyak sumber daya dan biaya, serta tidak menghambat jalannya proses bisnis itu sendiri.

^Adm_DBI_Dms^



Share      

Berita Terkait:

27 Pebruari 2019 08:39:21 / investigasi / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kunjungan PKL Peserta Diklat Audit Kecurangan Kejaksaan Republik Indonesia ke BPKP
26 Pebruari 2019 15:33:52 / investigasi / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Pertemuan dengan Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB)
26 Pebruari 2019 10:36:54 / investigasi / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Fraud Control Plan di PT Pupuk Iskandar Muda
10 September 2018 10:54:59 / investigasi / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Entry Meeting Evaluasi Fraud Control Plan BPJS Ketenagakerjaan
27 Agustus 2018 10:46:49 / investigasi / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Penjelasan Materi untuk keperluan Implementasi ISO 37001:2016 di PT Pertamina (Persero)