Inspektorat

Visi Misi

VISI

“Auditor Intern BPKP yang Profesional Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja BPKP”

 

Pernyataan visi tersebut mengandung tiga kata kunci yaitu “ Auditor Intern, Profesional dan Meningkatkan Kinerja BPKP”.

Kata kunci pertama yaitu Auditor Intern mengandung makna bahwa Inspektorat BPKP adalah auditor intern dari unit organisasi BPKP yang secara sadar, patuh pada suatu standar dan etika profesi dan meyakini bahwa keberadaannya lebih kepada upaya penciptaan proses tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dan penerapan sistem pengendalian intern, guna mendukung pencapaian visi dan misi BPKP.

Sebagai Auditor Intern BPKP, maka ruang lingkupnya adalah seluruh unit kerja yang ada di lingkungan BPKP meliputi unit kerja eselon I, unit kerja eselon II mandiri, dan organisasi lain dimana BPKP memiliki kepentingan di dalamnya.

Kata kunci kedua yaitu Profesional mengandung makna bahwa dalam setiap pelaksanaan kegiatan/penugasannya, Inspektorat senantiasa melakukannya dengan suatu landasan metodologi, sikap kerja yang berintegritas secara moral dan profesi, dan senantiasa berorientasi kepada penciptaan nilai tambah bagi unit kerja di lingkungan BPKP dan BPKP.

Kata kunci ketiga yaitu Meningkatkan Kinerja BPKP secara implisit tersirat bahwa Inspektorat BPKP memiliki kewajiban moral untuk mendukung terwujudnya visi BPKP sebagai “Auditor Intern Pemerintah yang Proaktif dan Terpercaya dalam Mentransformasikan Manajemen Pemerintahan Menuju Pemerintah yang Baik dan Bersih.” Kewajiban moral tersebut diimplementasikan melalui pelaksanaan pengawasan fungsional yang mampu mendorong peningkatan kinerja BPKP.

 

 

MISI

“Mendorong Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Terwujudnya Iklim yang Mencegah KKN di Lingkungan BPKP”

 

Penetapan misi Inspektorat di atas sejalan dengan misi pertama BPKP yaitu “Menyelenggarakan Pengawasan Intern Terhadap Akuntabilitas Keuangan Negara yang Mendukung Tata Kepemerintahan yang Baik dan Bebas KKN”.

Di dalam misi Inspektorat, terkandung dua hal yaitu:

1) Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik

Penerapan praktek-praktek terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan mengakomodasi prinsip-prinsip seperti akuntabilitas, transparansi, keadilan, dan partisipasi sudah menjadi keharusan.

Penerapan konsep tersebut pada unit organisasi di lingkungan BPKP diharapkan akan menjadi pendorong bagi perubahan-perubahan dalam administrasi pemerintahan yang lain. Lebih jauh, hal ini juga akan membantu meningkatkan kepercayaan Pemerintah dan publik kepada BPKP secara keseluruhan. Dengan misi ini diharapkan unit kerja di lingkungan BPKP akan tumbuh budaya untuk bertransparansi, berpartisipasi, dan berakuntabilitas. Hasil akhir yang diharapkan adalah “terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik pada unit kerja di lingkungan BPKP” sebagai bagian dari mekanisme tercapainya visi BPKP untuk menjadi auditor intern pemerintah yang proaktif dan terpercaya dalam mentransformasikan manajemen pemerintahan menuju pemerintah yang baik dan bersih.

2) Mendorong terwujudnya iklim yang mencegah KKN

Iklim yang mencegah KKN akan mendorong terciptanya aparatur yang bersih dan andal di lingkungan BPKP sehingga tercapai tata kelola pemerintahan yang baik. Hasil akhir yang diharapkan adalah tugas dan fungsi pada setiap jenjang dan struktur organisasi di lingkungan BPKP dilaksanakan dengan efisien, efektif, ekonomis, dan akuntabel.

Dengan misi ini diharapkan seluruh pegawai Inspektorat termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya secara profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku, efisien, efektif, dan akuntabel sehingga memberikan nilai tambah bagi unit kerja di lingkungan BPKP dan BPKP selaku stakeholder .


Share   
PROFIL INSPEKTORAT
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tupoksi
Kata Pengantar
Visi dan Misi
PRODUK
Audit Operasional
Audit Khusus
Evaluasi Lakip
Evaluasi Kinerja
SPIP
Grand Design
Penilaian Risiko
Pernyataan Kepatuhan
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
LAPKIN
Penetapan Kinerja
Renstra
Audit Charter
Alamat Kontak
INSPEKTORAT BPKP
Gedung BPKP Pusat, Lantai 7
Jl. Pramuka No. 33 Jakarta Timur 13120
Telp. (021) 859 100 31 Ext.0702 atau
Fax. (021) 859 101 47
Email : inspektorat@bpkp.go.id