Inspektorat

Berita Seputar Inspektorat

Inspektur BPKP sebagai Pendorong RB di BPKP
25 Agustus 2017 18:11:32 / Inspektorat2 / dibaca: 127 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

“Tim Reformasi Birokrasi (RB)  BPKP harus menjadi pendorong bergeraknya reformasi birokrasi di unit-unit kerja BPKP, dan Inspektur BPKP sebagai komandannya,” jelas Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia, saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Penguatan Reformasi Birokrasi di Lingkungan BPKP (22/08).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lt. 3 Gedung BPKP Pusat  tersebut, diikuti oleh seluruh Tim Reformasi Birokrasi di Lingkungan BPKP. Selain membahas penguatan reformasi birokrasi di lingkungan BPKP, kegiatan tersebut juga mendengarkan pemaparan dari Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II.1 Kementerian PAN-RB Agus Harsono.

Dalam paparannya,  Agus menjelaskan bahwa hasil penilaian RB BPKP tahun 2016 meningkat dari tahun sebelumnya. Menurut Agus, Nilai Indeks RB BPKP tahun sebelumnya 75,50 menjadi 77,69 di tahun 2016, dengan kategori BB. “Namun demikian, terdapat hal yang bersifat paradok yaitu nilai komponen pengungkit meningkat dari tahun sebelumnya 41,95 menjadi 45,07, namun nilai komponen hasil justru menurun dari tahun sebelumnya 33,65 menjadi 32,62,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, Agus memberikan strategi dan langkah pelaksanaan RB. Menurutnya ada delapan langkah yang harus dikerjakan oleh BPKP, utamanya adalah komitmen pimpinan untuk melaksanakan RB. “Selain itu, pelaksanaan RB harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan, dan dibentuk  tim RB,” papar Agus.

Menurut Agus, langkah berikutnya adalah menetapkan road map RB melalui delapan area perubahan, menerapkan manajemen berbasis kinerja, menginformasikan upaya dan hasil secara berkala, serta melaksanakan monitoring dan evaluasi (PMPRB) secara berkala sehingga dapat dilakukan perbaikan segera.

“Dan jangan lupa untuk selalu menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi,” pungkas Agus di akhir pemaparannya.

 

 

Humas Inspektorat/anto-tan

 



Share      

Berita Terkait:

10 April 2017 12:24:19 / Inspektorat2 / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Internalisasi Road Map RB BPKP 2015 – 2019 di Inspektorat BPKP
27 April 2014 13:38:36 / inspektorat / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Exit Meeting Evaluasi RB BPKP oleh Tim QA RB Nasional
04 April 2014 06:49:46 / inspektorat / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
FGD Reformasi Birokrasi BPKP