Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo

Wisata Gorontalo

1. Pulo Cinta

Pulau cinta. Foto By : @pulocinta

Pulau yang merupakan salah satu pulau kecil di sebelah selatan daratan Gorontalo ini awalnya memang tak berpenghuni, namun saat ini pulau ini dikembangkan menjadi kawasan resort yang memiliki berbagai fasilitas wisata eksklusif dan romantis. Pulo Cinta juga sering disebut sebagai Maldives ala Indonesia karena tempat ini memang sangat indah. Untuk mencapai tempat ini kamu bisa memesan penerbangan dari kota tempat tinggalmu menuju Gorontalo. Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar 2 jam menuju Kabupaten Boalemo, tepatnya di Kecamatan Tilamuta. Perjalanan darat ini bisa kamu tempuh dengan menyewa mobil atau dengan bus antar kota Gorontalo-Tilamuta. Setelah sampai di Tilamuta, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kapal motor atau miniboat menuju Pulau Cinta. Waktu yang ditempuh sekitar 30 menit.

2. Pulau Saronde

Pulau saronde. Foto By : @travelingyuk

Pulau Saronde adalah sebuah pulau yang terletak di laut Sulawesi, masuk dalam wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Pulau yang menjadi bagian Provinsi Gorontalo merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Pulau cantik yang terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara ini mulai dikenal luas karena mampu memikat hati para turis domestik maupun mancanegara. Bila hendak melihat keindahan Pulau Saronde, Anda yang datang dari luar Provinsi Gorontalo dapat menggunakan jalur udara, Anda bisa memesan penerbangan yang mendarat di Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo. Setelah itu Anda dapat menggunakan jasa bus, mikrolet, bentor (bendi motor), atau mobil sewaan untuk menuju pelabuhan di Kota Kwandang. Jarak antara Kota Gorontalo dan Teluk Kwandang sekitar 50 kilometer.Setelah sampai di Pelabuhan Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu besar menuju Pulau Saronde, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

3. Wisata Hiu Paus Botubarani

Wisata Hiu Paus botubarani. Foto By : @rockydjumu

Berwisata ke provinsi Gorontalo, tidak lengkap jika tidak ke pantai Botubarani untuk menyaksikan dan berinteraksi dengan hiu paus. pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango. Keistimewaan wisata hiu paus di Botubarani Gorontalo adalah lokasinya yang mudah diakses, yaitu hanya 20-30 meter dari bibir  pantai. Hiu paus di sini sangat jinak, wisatawan bisa bercengkrama dengan hiu paus ini. Di sini pengunjung juga  bisa memberi makan hiu paus . Untuk melihat hiu paus, wisatawan harus menyewa perahu dengan harga Rp.15.000 per orang.  Sedangkan bagi penyelam dikenakan biaya Rp. 50.000. Untuk  memancing hiu paus keluar ke permukaan air, setiap  perahu yang disewa akan dibekali makanannya, berupa satu atau beberapa bungkus kulit udang  atau kepala udang yang merupakan limbah pabrik, atau ikan-ikan kecil endemik yang hanya ada di Gorontalo pada musim tertentu yang dijual dengan harga Rp. 10.000 per bungkus.

4. Puncak Dulamayo

Puncak Dulamayo telaga gorontalo. Foto By : @dickybula

Puncak Dulamayo merupakan salah satu objek wisata, yang belum banyak diketahui oleh Masyarakat Gorontalo. Terletak di Kecamatan Telaga Puncak, Kabupaten Gorontalo ini menjadi salah satu objek yang dapat dijadikan pilihan bagi anda untuk menikmati sejuknya udara pegunungan dipagi hari. Dari pusat Kota Gorontalo dengan mengendarai mobil kurang lebih membutuhkan waktu satu setengah jam. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menanjak 30 menit rasa letih langsung dapat terbayarkan. Dengan pemandangan yang pastinya mempesona dari atas puncak anda dapat menyaksikan hamparan bukit yang terbentang luas. Hamparan hijau pegunungan itu sungguh membuat hati terasa damai dan nyaman. Dari kejauhan terlihat Kota Gorontalo dengan deretan bangunan yang berdiri rapi. Bila malam hari pemandangan ini pasti berubah menjadi kumpulan lampu-lampu penerangan yang menghiasi Kota Gorontalo.

5. Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo 

Pulau Diyonumo gorontalo. Foto By : @dickybula

Selain Pulau Saronde, salah satu pulau yang juga memiliki pemandangan yang sangat indah di Gorontalo Utara, adalah Pulau Diyonumo yang terletak di Desa Deme II Kecamatan Sumalata. Selain memiliki pantai berpasir putih, Pulau Diyonumo juga memiliki sebuah bukit yang sangat indah.untuk mencapai pulau ini kamu cukup berlayar sekitar 10 menit dari Desa Deme 2 dengan katinting, warga sekitar sudah banyak yang menyiapkan jasa penyewaan Ketinting.Dari kota Gorontalo bisa menggunakan mobil maupun motor ke Sumalata. Hanya menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan lalu menyebrang ke pulau ini.

6. Benteng Otanaha

Benteng otanaha. Foto By : @koranku

Seperti provinsi lain di negeri ini, Gorontalo juga memiliki benteng bersejarah. Salah satunya adalah benteng Otanaha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-15. Walau hanya menyisakan dinding, bangunan yang berdiri di atas bukit ini masih menjadi salah satu tujuan wisata di Gorontalo. Benteng Otanaha terletak di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, atau sekitar 20 menit perjalanan darat dari Kota Gorontalo. Lokasi benteng juga bersebelahan langsung dengan Danau Limboto, satu-satunya danau di Gorontalo. Untuk bisa masuk ke areal benteng, pengunjung harus membeli tiket.

7. Desa Wisata Religi Bongo

Desa Wisata Religi Bongo. Foto By ; @adjialamr

Desa Bongo ini, di resmikan sebagai Desa Wisata Religius oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo karena pesona dari wisata budaya yang tersimpan baik di desa ini. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo, kita akan melewati pemandangan dengan pantai-pantai indah di samping jalan. View nya langsung laut lepas! Mirip seperti kota-kota wisata rohani lainnya, jadi Desa Wisata Bongo ini lebih mengedepankan sebuah pengalaman rohani bagi para pengunjung yang singgah untuk berziarah. Semua penganut agama bisa masuk ke desa wisata Bongo ini. Selain jadi museum, desa wisata Bongo ini juga merupakan pesantren alam dimana di dalamnya terdapat para santri yang tengah menimba ilmu agama Islam. Selain itu, jauh di atas puncak bukit, namun masih masuk daerah Desa Bubohu, terdapat juga sebuah mesjid yang diberi nama Masjid Walima Emas. Jaraknya hanya 5 km saja ke arah puncak bukit.

8. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele Gorontalo. Foto by @celebesnews

Keindahan bawah laut Sulawesi bukan hanya ada di Taman Laut Nasional Bunaken atau Taman Nasional Kepulauan Togean. Tepatnya di kawasan Gorontalo, juga ada Taman Laut Olele yang semakin sering dikunjungi turis dalam negeri dan mancanegara. Berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, taman laut ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Gorontalo. Berpasir putih dan berperairan tenang, taman laut ini juga tak berada jauh dari Teluk Tomini, sehingga terumbu karangnya sama indahnya. Jadi, snorkeling atau diving sangat bisa dilakukan di sini.

9. Danau Limboto

Lokasi Danau Limboto dekat dengan Bandara Jalaluddin, sehingga membuat pengunjung dari luar Gorontalo tidak terlalu sulit untuk mencapainya. Dari Bandara menuju Danau Limboto dapat ditempuh dengan menggunakan taksi ataupun mobil sewaan yang banyak menunggu di sekitar bandara. Untuk menikmati pesona kecantikan Danau Limboto, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun.

 


Share