Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo

Wisata Gorontalo

Pentadio

Nama Pentadio berasal dari kata pentadu yang artinya pantai karena letaknya dari timur ke barat yang membentang di pinggiran pantai danau Limboto seperti pantai. Salah satu keunggulan kawasan Pentadio Resort adalah pemandian air panas. Air panas sendiri bukanlah merupakan air panas buatan, melainkan dari alam yang terjadi ratusan tahun yang lalu.

Menurut sejarah Gorontalo, kawasan pantai danau yang menjadi lokasi wisata ini terdapat mata air panas yang alirannya mengarah ke danau limboto. Mata air panas ini terus dipelihara oleh rakyat Gorontalo sebagai warisan dunia, hingga kini mata air itu masih menyeburkan air panas dan gas yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Pada tahun 2004 silam, tempat ini dijadikan sebagai kawasan wisata bertaraf internasional, meski menggunakan corak tradisional Gorontalo.Tidak hanya sumur mata air panas yang di Lokasi Pentadio Resort, tetapi berbagai fasilitas terdapat disini, diantaranya tempat mandi sauna, kolam buatan bahkan fasilitas-fasilitas yang memanjakan pengunjung. Berhubung lokasinya berada dipantai Danau Limboto, maka pengunjung dapat menikmati pemandangan danau limboto. Even besar bisa diadakan Pentadio Resort bahkan untuk acara-acara nasional pun dapat diselenggarakan dipentadio resort.

Akses menuju lokasi Pentadio Resort sangat mudah, karena berdekatan dengan jalan antar kota dalam provinsi Gorontalo. Jaraknya sekitar 3 KM dari kantor BPKP Provinsi Gorontalo dan bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 15 menit.


Share