Kawal Pengelolaan Aset Desa Kabupaten Bone Bolango

Gorontalo (14/10) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Bone bolango melaksanakan “Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Aset Desa” bekerja sama dengan BPKP Gorontalo di kantor desa Toto Utara kabupaten Bone Bolango.

Sambutan oleh Sulaiman Panigoro Kepala Dinas PMD Bone Bolango menyampaikan ini di ikuti oleh 10 desa di Kabupaten Bone Bolango, terimakasih juga buat BPKP yg telah mendampingi desa Toto Utara dan mendapat penghargaan dari pemerintah provinsi terkait pengelolaan laporan keuangan. Berharap alokasi dana desa digunakan sebaik-baiknya terkait dengan prioritas daerah maupun nasional. Para peserta bimtek agar mengikuti dengan sebaik-baiknya. Bimtek diikuti oleh sepuluh desa terpilih yg diharapkan dapat melakukan implementasi pengelolaan aset desa. Bimtek juga ditambahkan satu orang peserta dari dinas PMD selaku pengampu aplikasi Sipades. Diharapkan dapat memberi contoh kepada desa lain untuk pengelolaan aset desa dan menyampaikan terimakasih kepada BPKP telah membantu melaksanakan Bimtek pengelolaan aset desa.

Sambutan dan pembukaan oleh Agung Ragil Pujono selaku koordinator pengawasan bidang APD BPKP Gorontalo memberikan apresiasi kepada Dinas PMD Kabupaten Bone Bolango atas kerjasamanya selama ini dan atas responsifnya terkait bimtek pengelolaan aset desa. Kabupaten Bone Bolango sudah menerapkan siskeudes secara online yang diharapkan dapat mempercepat implementasi pengelolaan aset desa. Harapannya bimtek ini bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi perangkat desa. Bimtek dilakukan tidak pada seluruh desa karena diharapkan desa yg dipilih akan menjadi desa percontohan untuk pengelolaan aset bagi desa lain. BPKP akan mendampingi sepuluh desa untuk melakukan pengelolaan aset yg akan dilaksanakan minggu ini dan minggu depan.

Siskeudes online yang sudah diimplementasikan di Bone Bolango akan mensupport inspektorat dalam melakukan pengawasannya melalui Siswaskeudes sehingga pelaksanaan pengawasan atas desa lebih efisien. Harapan selanjutnya semoga bimtek ini dilakukan dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari kerja yg akan di sampaikan oleh tim APD BPKP Gorontalo yg dipimpin oleh Agustian Ardika dan akan dilaksanakan 2 hari di kantor PMD dan 2 hari pendampingan pengelolaan aset di desa.

(kominfobpkpgorontalo/sj)