PEMDA Bone Bolango Gandeng BPKP Gorontalo Lakukan BIMTEK SPIP Terintegrasi dan MR

Gorontalo(31/8) Tim SPIP dan MR dari BPKP Pusat bersama BPKP Gorontalo melakukan Bimbingan Teknis(BIMTEK) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah(SPIP) Terintegrasi dan Manajemen Risiko(MR), dalam rangka peningkatan pemahaman Materi SPIP Terintegrasi dan MR bagi Pemerintah Daerah(Pemda) Kabupaten Bone Bolango.

BIMTEK dilaksanakan selama 4 hari kerja, yaitu tanggal 31 Agustus – 3 September 2021 bertempat di Ruang Rapat BAPPEDA Kabupaten Bone Bolango.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Tim SPIP dan MR dari BPKP Pusat diantaranya Pramudiyo Busono, Ditya Permana, Arfias Lutfi, Muhammad Muliazia dan Monita Mardika yang menyampaikan materi Pengantar Kapabilitas APIP, Penerapan PPBR, Pengantar MR, Pembahasan Daftar Risiko dan RTP, Penetapan Tujuan, Struktur dan Proses, Pencapaian Tujuan dan Aplikasi e-SPIP Terintegrasi.

Kegiatan ini diikuti peserta yang merupakan Kasubag Perencanaan dari OPD yang melaksanakan pelayanan dasar dan OPD yang mendukung visi misi Kepala Daerah dan Inspektorat Bone Bolango.

Dalam acara penutupan, Agung Ragil Pujono menyampaikan Level dari Maturitas SPIP dan MR jangan hanya dikaitkan dengan nilai, yang terpenting adalah implementasinya yang baik di masing-masing OPD dan kegiatan. Bimtek ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pemahaman kepada Pemda Bone Bolango terhadap SPIP dan MR.

Kegiatan Bimtek telah ditutup oleh Staf Ahli Bupati Bidang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Infrastrukur Kabupaten Bone Bolango Rusliy Mokodongan. Rusliy menyampaikan Pemda Bone Bolango mengucapkan terimakasih kepada BPKP dalam memberikan materi dalam kegiatan Bimtek, sehingga Pemda Bone Bolango dapat merasakan manfaat materi ini dan kedepan akan lebih mempermudah integrasi kinerja antar OPD dan dari daerah ke pusat.

(kominfobpkpgorontalo/timAPD)