Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo

Kunjungan Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara ke BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo
09 Oktober 2019 15:32:01 / gorontalo_admin / dibaca: 103 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Gorontalo - BPKP. Pada hari Senin, tanggal 7 Oktober 2019, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan NegaraBonny Anang Dwijanto, Direktur BLU, BLUD, Badan Usaha Jasa Air, BUMD, BumdesJuliver Sinaga, dan timpengembang aplikasi SIA BLUD, berkunjung ke Provinsi Gorontalo dalam rangka menghadiri acara Workshop Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BLUD pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Puskesmas BLUD di Provinsi Gorontalo. Workshop tersebut akan dilaksanakandi Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo selama 4 (empat) hari mulai tanggal 8 s.d. 11 Oktober 2019. Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan NegaraBonny Anang Dwijanto akan menjadi keynote speakeracara workshop, sedangkan narasumber lainnya dari tim pengembang SIA BLUD yaitu Direktur BLU, BLUD, Badan Usaha Jasa Air, BUMD, Bumdes Juliver Sinaga danJati Kusuma serta Susetyo Gigih pengembang aplikasi SIA BLUD.

Disela-sela agenda kunjungan, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara dan rombongan menyempatkan mengunjungi proyek pembangunan PLTU Gorontalo 2x25 MW yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Lokasi proyek berada di Desa Ilangata, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Kunjungan ke PLTU Gorontalo 2x25 MW didampingi oleh General Manajer PT. PLN (Persero) UIP Sulbagut  Mimin Insani, SRM OPK PT. PLN (Persero) UIP Sulbagut  Tri Haryanto, Manager PT. PLN (Persero) UPP Kitring Gorontalo  John Y.S. Rembet, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo serta tim BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo. Dalam kunjungan ke PLTU Gorontalo 2x25 MW,  Bonny Anang Dwijanto dan rombongan mendapat penjelasan langsung mengenai kondisi dan progres fisik pembangunan PLTU Gorontalo 2x25 MW oleh GM PT. PLN (Persero) UIP Sulbagut dan manager PT. PLN (Persero) UPP Kitring Gorontalo.

Foto 1: Kepala Deputi BPKP Bidang Akuntan Negara dan Tim BPKP Perwakilan Prov. Gorontalo beserta Tim UIP Sulbagut dan UPP Kitring Gorontalo meninjau progres pembangunan PLTU Gorontalo 2 x 25 MW, tepatnya di area MPH (foto kanan) dan Jetty.   

Bonny Anang Dwijanto juga meninjau langsung progres fisik pembangunan PLTU Gorontalo 2x25 MW di area MPH (Main Power House), Jetty, dancoal yard. Kunjungan proyek PLTU Gorontalo 2x25 MW diawali dengan paparan dan diskusi antara tim BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo dengan tim PT PLN (Persero) UPP Kitring Gorontalo dalam rangka membahas reviu dan update data hasil reviu tata kelola PSN PLTU Gorontalo 2x25 MW triwulan III Tahun 2019 (per 30 September 2019).

Pembukaan acara Workshop SIA BLUD dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Oktober 2019 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo,yang dihadiri oleh pihak RSUD BLUD, puskesmas BLUD di Provinsi Gorontalo.Kegiatan yangakan berlangsung selama 4 hari tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo. Dalam pembukaanya,Idris Rahim menyampaikan bahwa kegiatan workshop diharapkan dapat menciptakan proses penyajian laporan keuangan secara cepat, tepat, akurat serta dijamin keandalannya yang akan bermuara pada pengelolaan BLUD yang handal agar dapat memberikan layanan publik yang lebih prima bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKPProvinsi Gorontalo Supriyadi mengatakan bahwa pada intinya, kegiatan ini agar rumah sakit dan puskesmas dapat beroperasi lebih profesional. Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu RS dan Puskesmas dalam rangka pertanggungjawaban keuangan negara.Tak hanya itu, pimpinan daerahpun dengan mudah mengakses laporan keuangan dari RS dan puskesmas.

Foto 2: Kegiatan Workshop SIA BLUD dibuka oleh Wagub Gorontalo Idris Rahim, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo

Disisi lain, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara dalam pembukaannya menyampaikan materi mengenai pentingnya penerapan tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian internal dalam pelaksanaan kegiatan di RSUD BLUD dan puskesmas BLUD agar dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Acara workshop dilanjutkan dengan paparan overview atau gambaran singkat mengenai Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BLUD yang dijelaskan oleh Direktur BLU, BLUD, Badan Usaha Jasa Air, BUMD, dan Bumdes Juliver Sinaga. Kemudian workshop akan dilanjutkan oleh Jati Kusuma dan Susetyo Gigih yang akan menjelaskan lebih lanjut tentang aplikasi SIA BLUD serta latihan SIA BLUD bagi peserta workshop.

Setelah acara pembukaan selesai, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara mengunjungi lahan pembangunan rumah dinas Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang terletak di Tapa, Bone Bolango.


Share      

Berita Terkait:

15 Oktober 2019 14:15:38 / gorontalo_admin / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Gorontalo Fasilitasi Workshop Peningkatan Kapabilitas Audit Investigasi Pemda Kab Gorontalo
14 Oktober 2019 14:49:05 / gorontalo_admin / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop Audit Kinerja di lingkungan Inspektorat Kabupaten Bone Bolango
09 Oktober 2019 13:23:32 / gorontalo_admin / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Oleh KPK dan BPKP
09 Oktober 2019 13:19:02 / gorontalo_admin / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop Audit Internal Inspektorat Provinsi Gorontalo
10 September 2019 08:36:04 / gorontalo_admin / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Gorontalo Fasilitasi Implementasi Simda Perencanaan Pemkab Pohuwato