Satukan Langkah Untuk Negeri

Bertempat di halaman Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Kamis (10/11/2016) telah dilaksanakan Upacara  Bendera memperingati Hari Pahlawan ke 71 Tahun 2016 dengan Tema "Satukan Langkah Untuk Negeri". Korwas Akuntan Negara Ependy Haro menjadi Pembina dalam upacara tersebut dan di hadiri oleh seluruh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Auditor dan  Pegawai Fungsional Umum Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Sejarah Perjalanan Bangsa dan Negara Iandonesia, bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan Perjuangan yang sangat panjang. Kita tidak akan menjadi bangsa yang berdaulat dan terhormat tanpa adanya perjuangan dari para Pahlawan kusuma bangsa yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran, dan hartanya. Sejarah Bangsa dan Negara Indonesia untuk merebut Kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan Ikatan Persatuan dan Kesatuan serta Komitmen yang kuat dari para pejuang, sehingga melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta berani bertindak nyata melawan penjajah akibat kolonialisme dan imperialisme.

Semangat kepahlawanan merupakan suatu inspirasi bagi generasi penerus dan semangat pahlawan terpatri terpatri di dada setiap insan indonesia. Sejarah ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan sendiri dilatarbelakangi pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Di mana terjadi perlawanan besar dari tentara Indonesia terhadap pasukan Inggris. Peristiwa ini menjadi perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran itu juga menjadi yang terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban membuat Kota Surabaya kemudian dikenang sebagai Kota Pahlawan dan tanggal setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan, pungkas Ependy Haro.

 

Terima kasih 

HUMAS BPKP GORONTALO