Satu Lagi, Inspektorat di Wilayah Provinsi Banten Raih Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP

 

Jakarta (12/01) – Bertempat Hotel Le Dian Serang pada hari Rabu 12 Januari 2022, dilaksanakan kegiatan "Penyerahan Penghargaan Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 Inspektorat Kota Serang”.

Acara tersebut dihadiri Walikota, Wakil Walikota, para pimpinan perangkat daerah, dan para Camat di lingkungan Kota Serang. Dalam sambutannya Walikota Serang, Syafrudin, menyampaikan terimakasih kepada BPKP Perwakilan Provinsi Banten atas dukungan dan pendampingannya selama ini sehingga Inspektorat Kota Serang dapat mencapai Kapabilitas APIP Level 3.

Namun demikian, Walikota Serang juga berpesan khususnya kepada Inspektorat Kota Serang dan juga kepada segenap pimpinan OPD yang hadir, bahwa sesuai arahan BPKP  masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki (Area of improvement/AOI) yang harus dijaga dan dilaksanakan guna menjaga dan meningkatkan kapabilitas APIP lebih baik lagi, yaitu diantaranya perbaikan pengelolaan risiko baik di tingkat strategis pemda, strategis OPD, maupun operasional, dan pelaksanaan pengawasan berbasis risiko. Terkait hal tersebut, Walikota Serang menginstruksikan kepada Inspektur untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran OPD guna menindaklanjuti AOI tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, R Bimo Gunung Abdulkadir menyampaikan sambutan menyampaikan apresiasi kepada inspektorat kota serang yang telah berhasil mencapai kapabilitas level 3 sekaligus berpesan agar rencana aksi peningkatan kapabilitas APIP di Kota Serang dapat dilaksanakan, yaitu diantaranya fasilitasi implementasi manajemen risiko secara menyeluruh, perencanaan pengawasan berbasis risiko, pelaksanaan audit kinerja berbasis risiko dengan fokus pada program yang menunjang pertumbuhan ekonomi daerah, penilaian mandiri kapabilitas APIP secara berkala dan perbaikan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP).

Kota Serang merupakan Pemda terakhir yang meraih capaian level 3 kapabilitas APIP di Provinsi Banten, setelah sebelumnya diawal tahun 2022 ini juga diserahkan sertifikat yang sama kepada Pemerintah Kota Cilegon. Dengan capaian yang diraih Kota Serang ini maka seluruh Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Banten sudah meraih Kapabilitas APIP Level 3.

(Humas BPKP Banten)