Perwakilan BPKP Provinsi Banten

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Banten

Satgas Akuntabilitas Keuangan Daerah Provinsi Banten
11 Juli 2018 12:52:13 / banten / dibaca: 30 kali / Kat: Audit

Pertemuan tersebut merupakan undangan dari Gubernur Banten kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PKD) beserta Tim Satgas Akuntabilitas Keuangan Daerah

Serang, 9 Juli 2018 bertempat di ruang rapat Gubernur Banten telah dilaksanakan PertemuanSatgas Akuntabilitas Keuangan Daerah Provinsi Bantendengan Gubernur Banten. Pertemuan tersebut merupakan undangan dari Gubernur Banten kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PKD) beserta Tim Satgas Akuntabilitas Keuangan Daerah. Undangan ini dilakukan oleh Gubernur sebagai kelanjutan dari Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

Nomor:120.23/MoU.02-Huk/2018

 

Tanggal 5 April 2018

 

Nomor: MoU-6/K/D3/2018

Pertemuan tersebut dihadir oleh Gubernur Banten (Wahidin Halim), Deputi PKD (Gatot Darmasto),  DirekturPKD Wilayah 1(Adi Gemawan),  DirekturPKD Wilayah 3(Iskandar Novianto), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten (Bonardo Hutauruk), Inspektur Provinsi Banten (E. Kusmayadi), Sekretaris Inspektorat Provinsi Banten (Sugiono), Sekretaris BPKAD Provinsi Banten, dan Satgas Akuntabilitas Keuangan Provinsi Banten.

Pertemuan diawali dengan sambutan Gubernur, dilanjutkan dengan sambutan Deputi, paparan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, dan paparan Inspektur Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Wahidin Halim menyampaikan apresiasi dan kegembiraannya menyambut kehadiran Satgas yang pada pertemuan ini akan diserahkan oleh Deputi kepada Gubernur. Gubernur mengucapkan terima kasih kepada BPKP yang telah merespon permintaan Pemerintah Provinsi Banten. Gubernur menyampaikan bahwa dengan kondisi seperti saat ini, Pemerintah Provinsi Banten membutuhkan banyak auditor. Saat ini Pemerintah Provinsi Banten kekurangan auditor sebanyak 102 orang. Gubernur berharap, dengan adanya Satgas ini Pemerintah Provinsi Banten akan sangat terbantu dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Banten.

Sambutan kedua disampaikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah. Dalam sambutannya, Gatot Darmasto menyampaikan bahwa Satgas Akuntabilitas Keuangan Daerah ini dibentuk berdasarkan MoU antara Pemerintah Provinsi Banten dengan BPKP, dengan tujuan untuk meningkatkan Akuntabilitas Keuangan Daerah dan terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance)pada Pemerintah Provinsi Banten.Deputi juga menyampaikan ruang lingkup satgas yaitu: Joint Audit, Reviu, dan Evaluasi atas Program/Kegiatan Pemerintah Daerah dan BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten; Peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Provinsi Banten di bidang pengelolaan keuangan, aset,dan pengawasan; Pembenahan sistem aplikasi yang dipakai Pemerintah Provinsi Banten dalam Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sejak perencanaan sampai dengan pelaporan; Lainnya Sesuai Kebutuhan.

Sesi ketiga yaitu paparan Kepala BPKP Provinsi Banten selaku Ketua Satgas. Sebelum menyampaikan paparannya, BonardoHutauruk memperkenalkan satu persatu personil Satgas Akuntabilitas Keuangan Daerah Provinsi Banten. Dalam paparannya, Kepala Perwakilan BPKP menyampaikan Jenis kegiatan utama yang akan dilaksanakan Satgas, Standard Operating Procedure (SOP), dan administrasi penugasan.

Dan sesi keempat disampaikan oleh Inspektur Provinsi Banten selaku Wakil Ketua Satgas. Kusmayadi menyampaikan bahwa Inspektorat sepenuhnya mendukung terbentuknya satgas ini dan siap untuk memfasilitasi kebutuhan satgas dalam kelancaran pelaksanaan tugasnya.

Pertemuan ini ditutup oleh Inspektur Banten dan diakhiri dengan foto bersama Satgas dengan Gubernur Banten.



Share      

Berita Terkait:

06 Juni 2018 09:29:36 / banten / dibaca: kali / Kat: Audit
Rangkaian Kegiatan Sosial Perwakilan BPKP Provinsi Banten
16 Januari 2018 14:59:39 / banten / dibaca: kali / Kat: Audit
RAPAT KERJA PERWAKILAN BPKP PROVINSI BANTEN
22 Desember 2017 14:25:28 / banten / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Perw. Provinsi Banten mengadakan Sosialisasi MPAK
06 Nopember 2017 14:01:07 / banten / dibaca: kali / Kat: Audit
Penutupan Diklat Probity Audit Pengadaan Barang/Jasa
02 Nopember 2017 10:04:15 / banten / dibaca: kali / Kat: Audit
Pembukaan Diklat Probity Audit PBJ Bagi Pegawai Aparat (APIP)