Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BPKP DIY Kawal Penyaluran Bansos di DIY
19 Mei 2020 10:16:20 / diy / dibaca: 306 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Perwakilan BPKP DIY melakukan pemantauan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BTS) terkait Covid-19 secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (18/5). Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana melakukan pemantauan langsung ke Desa Sidomulyo Kapenawon Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Beliau didampingi oleh Koordinator Pengawasan JFA Bidang P3A Sunarto dan Pengendali Teknis Budi Santoso.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kulon Progo H. Sutedjo, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Kulon Progo Y.Iriyanta, Camat/Panewu Pengasih  Triyanto Raharjo, Kepala Desa Sidomulyo Kabul, serta pejabat dari Kantor Pos Kulon Progo.

Bantuan yang didistribusikan di Kapenawon Pengasih adalah BST bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dan disalurkan melalui PT POS Indonesia untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pembayaran dilakukan secara serentakkepada 1.688 Kepala Keluarga di tujuh desa di Kapenawon Pengasih, salah satunya di Desa Sidomulyo sebanyak 178 kepala keluarga.

Selain dilakukan untuk memastikan ketepatan target penerima BST, pemantauan juga dilakukan untuk memastikan pelaksanaan penyaluran telah mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yaitumencuci tangan menggunakan sabun, melakukan pengecekan suhu, menjaga jarak, dan kewajiban mengenakan masker bagi seluruh petugas maupun penerima BST. Selain itu, pembagian BST dilakukan dengan cara terjadwal untuk setiap pedukuhan, sehingga tidak terjadi antrian panjang dan berdesak-desakan. Seperti halnya hari ini, masyarakat penerima manfaat bisa datang secara bergantian satu persatu sehingga suasana tampak lengang, hanya tampak petugas yang bersiap melayani.

H. Sutedjo mengapresiasi BPKP yang telah melakukan tugas dan fungsinya dengan sangat baik, khususnya pemantauan pelaksanaan penyaluran BST dari Kementerian Sosial RI. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPKP DIY yang melalui tugas-tugasnya telah ikut mengawasi pelaksanaan pembangunan sehingga pemerintah daerah terhindar dari pelanggaran regulasi yang ada.

Usai melakukan pemantauan di Desa Sidomulyo, rombongan tim dari Perwakilan BPKP DIY melanjutkan kegiatan yang sama di Desa Giripurwo,

(Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

31 Mei 2020 21:34:44 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Perayaan HUT 37 BPKP
31 Mei 2020 21:23:21 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penanaman Pohon dan Jumuwah Guyub
31 Mei 2020 21:06:14 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Ibadah Online Oikumene BPKP DIY dalam rangka HUT 37 BPKP
16 Mei 2020 08:17:21 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP DIY Dukung Gerakan Wajib Pakai Masker
16 April 2020 15:42:30 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan di Tengah Covid 19