Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

EKSPOS MANDIRI MATURITAS PENYELENGGARAAN SPIP DAN KAPABILITAS APIP
07 Pebruari 2020 17:33:36 / diy / dibaca: 192 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Bertempat di ruang Workshop Perwakilan BPKP Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan Ekspos Mandiri oleh Perwakilan atas Hasil Penjaminan Kualitas Penilaian Mandiri Level 3 Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Kapabilitas APIP. Ekspose dijadwalkan berlangsung selama lima hari dimulai dengan pra ekspose pada hari Senin s.d. Selasa tanggal 3 s.d. 4 Januari 2020, dilanjutkan dengan pelaksanaan ekspose pada hari Rabu s.d. Jumat tanggal 5 s.d. 7 Januari 2020

Ekspose kali ini diikuti oleh 13 Perwakilan BPKP yang keseluruhannya akan memaparkan hasil Quality Assurance Hasil Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP atas 7 Pemda dan Quality Assurance Hasil Penilaian Kapabilitas APIP atas 16 Pemda. Turut hadir dalam ekspose, jajaran APIP Inspektorat Kabupaten Balangan dipimpin oleh Inspektur Karim Suadi.

Perhatian utama tim panelis saat pelaksanaan ekpose adalah bagaimana tim Quality Assurance Perwakilan memahami esensi dari pemaparan yang dibawakan, baik berkaitan dengan Maturitas Penyelenggaraan SPIP maupun Kapabilitas APIP. Tim panelis yang terdiri dari Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintah Daerah Bea Rejeki Tirtadewi, Kepala Sub Direktorat Pembinaan Peningkatan Kapabilitas APIP Daerah Rini Wartini, dan Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penyelenggaraan SPIP Daerah Nani Ulina Kartika Nasution berharap agar dokumen-dokumen pemenuhan dapat dipertanggungjawabkan, benar-benar diterapkan dan secara kontinyu dimutakhirkan.

Ekspose Kapabilitas APIP dan SPIP diharap mampu menambah pencapaian target Level 3. Saran perbaikan dari tim panelis saat ekspos berlangsung merupakan Area of Improvement (AoI) yang harus segera ditindaklanjuti oleh APIP di daerah. Rencana tindak lanjut atas AoI tersebut dituangkan dalam sebuah dokumen Rencana Tindak yang merupakan salah satu syarat terpenuhinya capaian Level 3. (HumasBPKPDIY/Riris)



Share      

Berita Terkait:

17 Pebruari 2020 11:22:29 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP DIY Siap Tingkatkan Peran dan Kerjasama dengan Pemda DIY
22 Januari 2020 14:15:22 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penyerahan Laporan Penjamin Kualitas Kapabilitas APIP Level 3 Kepada Bupati Klaten
30 Agustus 2019 13:59:50 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penyerahan Laporan Level 3 Kapabilitas APIP Kabupaten Kulon Progo
10 Mei 2019 08:36:27 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP DIY Gelar Seminar Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi
27 Maret 2019 16:48:27 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Wakil Gubernur DIY Berharap BPKP Terus Mendorong APIP DIY Level 3