Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Wujudkan Pendidikan Bebas Korupsi
22 Nopember 2019 17:04:44 / diy / dibaca: 203 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Sleman, 21 November 2019.Perwakilan BPKP DIY melaksanakan kegiatan sosialisasi dan rencana pengembangan Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Kegiatan MPAK dengan tema “Wujudkan Pendidikan Bebas dari Korupsi” dilaksanakan di ruang rapat Hos Cokroaminoto dan diikuti oleh 30 Kepala Sekolah Menengah Pertama di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang  tergabung dalam forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Sri Wantini. Beliau yakin jika para kepala sekolah dan guru-guru tidak ada niatan korupsi, namun terkadang muncultuduhan terkait pungutan-pungutan sekolah. Melalui MPAK yang diselenggarakan Perwakilan BPKP DIY ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan korupsi dan pencegahannya, dimana kepala sekolah dan guru adalah bagian dari masyarakat.

Sri Wantini berharap upaya pencegahan korupsi ini terimplementasi dengan baik, dan tidak berhenti sampai di sini, namun berkelanjutan dengan dibentuknya kelompok diskusi untuk bertukar pengalaman, masalah, dan solusi upaya pencegahan anti korupsi.

Narasumber sosialisasi adalah Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Perwakilan BPKP DIY Setiawan Wahyudiyono dan Dian Rumastuti selaku pengendali teknis.  

Materi sosialisasi meliputi fraud control plandan salah satu atributnya yaitu whistleblowing system. Setiawan mengungkapkan beberapa kasus korupsi yang terjadi di Indonesia dan bagaimana penanganannya. Kasus korupsi di Indonesia merupakan kasus yang sangat serius, namun penanganannya masih sangat sedikit, hanya 20% yang masuk ranah hukum.

Guna memperdalam pembahasan kasus-kasus korupsi khususnya seputar pengelolaan dana sekolah dan upaya pencegahan serta penanganannya,usai sesi pemaparan dibentuk Focus Group Discussion (FGD). Pada kesempatan tersebut peserta berkomitmen untuk mengembangkan sistem pengaduan dan mengembangkan budaya organisasi anti korupsi untuk meningkatkan kepedulian anti korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, pihak-pihak yang berkepentingan, dan masyarakat luas. Kepala MKKS SMP Kabupaten Sleman, Sukendar mewakili peserta menandatangani pernyataan komitmen tersebut.

(Humas BPKP DIY/nisA)



Share      

Berita Terkait:

24 September 2019 09:34:43 / diy / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP DIY Lakukan FRA Reforma Agraria pada Kantor Wilayah BPN DIY
11 Maret 2019 09:35:11 / diy / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Cegah Kecurangan, BPKP DIY Gelar Bimtek Whistleblowing System untuk Kepala Desa
13 Nopember 2018 10:26:57 / diy / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Kabupaten Purworejo Sepakat Wujudkan Desa Bebas Korupsi
21 September 2018 13:56:16 / diy / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Kabupaten Kebumen Bertekad Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih
01 Maret 2018 15:27:00 / diy / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Komitmen DIY Berantas Korupsi