Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BPKP DIY Dampingi UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Susun RBA
04 Juli 2019 09:42:52 / diy / dibaca: 222 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, suatu satuan kerja dapat ditetapkan menjadi satuan  kerja yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Satuan kerja tersebut diberikan fleksibitas pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan tanpa mengutamakan keuntungan dan melakukan kegiatan dengan prinsip efisiensi dan produktivitas. Satuan kerja pemerintah dimaksud harus memberikan layanan publik seperti pemberian layanan barang/jasa, pengelolaan dana khusus, dan pengelolaan kawasan.

Seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD (PPK BLUD). Dengan terbitnya Permendagri 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah(BLUD) sebagai pengganti Permendagri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD,padatahun 2019 pejabat pengelola BLUD pada UPT di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumenwajib menyusun Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Tahun 2020 yang mengacu pada Renstra. RBA meliputi ringkasan pendapatan, belanja dan pembiayaan; rincian anggaran pendapatan, belanja dan pembiayaan;  perkiraan harga; besaran persentase ambang batas; perkiraan maju atau forward estimate; dan standar pelayanan minimal (SPM).

Untuk memastikan bahwa proses penyusunan RBA Tahun Anggaran 2020 tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka sejak Selasa (2/7) bertempat di ruang Gringsing Hotel Mexolie Kebumen, diselenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan RBA di lingkungan Kabupaten Kebumen. Acaradibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, dr. H. Suprayitno dan dihadiri oleh 116 peserta yang terdiri dari 35 Puskesmas, 1 UPT Pengobatan Penyakit Paru, dan 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Dari hasil kegiatan,seluruh UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dan RSUD telah dapat menyusun RBA Tahun Anggaran 2020 ke dalam format RBA yang diberikan. Permasalahan yang dihadapai masing-masing UPT pada saat penyusunan RBA Tahun Anggaran 2020 telah dipetakan dan dicarikan penyelesaiannya oleh Tim Pendamping dari BPKP D.I. Yogyakarta. Dengan dilakukan kegiatan ini secara berkesinambungan, diharapkan RBA UPT Dinas Kesehatan untuk tahun anggaran 2020 dapat disusun tepat waktu dan akuntabel sesuai dengan aturan dan tuntutan masyarakat.

(Humas BPKP DIY/EviA)



Share      

Berita Terkait:

25 Juni 2019 15:52:50 / diy / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Desa di Cilacap Menuju Akuntabel dan Handal Dengan SISKEUDES
24 Juni 2019 14:55:31 / diy / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BUMD se-Kabupaten Purworejo Siap ber GCG
23 Maret 2018 15:47:56 / diy / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Aplikasi SIMHP Pemda
16 Maret 2018 16:35:31 / diy / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Inspektorat Kota Magelang Siap Gapai Kapabilitas APIP Level 3
28 Pebruari 2018 12:10:08 / diy / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Audit Kinerja Desa Mendorong Kompetisi Kinerja Antar Desa