Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Wakil Gubernur DIY Berharap BPKP Terus Mendorong APIP DIY Level 3
27 Maret 2019 16:48:27 / diy / dibaca: 670 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Selasa (26/3), Kepala Perwakilan BPKP DIY bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kantor Wakil Gubernur DIY dalam rangka penyerahan Laporan HasiL Pengawasan atas Akuntabilitas Keuangan Negara/ Daerah pada Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2018. Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X didampingi Inspektur DIY menyambut rombongan dari Perwakilan BPKP DIY di ruang pertemuan Gedhong Pare Anom Kepatihan.

Kepala Perwakilan BPKP DIY, Slamet Tulus Wahyana menyampaikan pokok-pokok Laporan Hasil Pengawasan tahun 2018. Informasi dibagi menjadi empat fokus yaitu Pengawalan Pembangunan Nasional, Kontribusi Peningkatan Ruang Fiskal, Pengamanan Aset Negara/Daerah, dan Perbaikan Sistem Tata Kelola (Governance System). Dalam fokus pengawalan pembangunan nasional, Perwakilan BPKP DIY melakukan review Program Strategis Nasional (PSN) seperti pembangunan Bandara NYIA, rencana pembangunan tol Yogyakarta-Bawen dan Yogyakarta-Solo, serta pengelolaan dana desa yang akuntabilitasnya sudah relatif bagus.

Dalam hal pengamanan aset negara, Perwakilan BPKP DIY bekerjasama dengan aparat penegak hukum, dan dari sisi penegakan hukum, tidak banyak masalah yang timbul. Hal ini menjadi indikator pengelolaan keuangan daerah di DIY sudah bagus. BPKP DIY juga mengawal pemerintah kabupaten/kota dalam rangka peningkatan tata kelola khususnya pengendalian intern. Pengawalan tata kelola tidak hanya dilakukan pada pemerintah kabupaten/kota namun juga BUMD di wilayah DIY.

Dari sisi kapabilitas APIP, pada tahun 2018,  dua dari enam APIP di DIY sudah level 3.  Dari seluruh APIP di wilayah Indonesia, baru empat yang sudah mencapai level 3 yaitu Provinsi DIY, Kabupaten Sleman, Kabupaten Sidrap, dan Provinsi NTB. Ke depan di tahun 2019 dibutuhkan komitmen bersama untuk meningkatkan dan mendorong APIP lainnya agar segera menyusul menjadi level 3.

Paku Alam mengucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini yang telah terjalin dengan Perwakilan BPKP DIY. Paku Alam berharap ke depan lebih banyak pembinaan SDM. Termasuk didalamnya lebih fokus ke pencegahan korupsi dengan batasan yang tidak kaku. Memupuk kesadaran masing-masing SDM akan pentingya berakuntabilitas. Paku Alam mengungkapkan cita-cita Beliau dan juga cita-cita Gubernur DIY,  yaitu warga DIY yang ter-edukasi. Dengan semakin teredukasinya warga DIY, indeks kebahagiaan tinggi dan spending untuk pendidikan juga tertinggi.

Pada akhir pertemuan, Paku Alam berpesan agar Perwakilan BPKP DIY senantiasa mendorong APIP di tiga kabupaten dan satu  kota di wilayah DIY agar kapabilitasnya segera level 3 di tahun 2019 ini.

(Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

30 Agustus 2019 13:59:50 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penyerahan Laporan Level 3 Kapabilitas APIP Kabupaten Kulon Progo
10 Mei 2019 08:36:27 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP DIY Gelar Seminar Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi
14 Maret 2019 15:42:16 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inspektorat Kabupaten Gunungkidul Dalami PPBR dan Audit Kinerja
01 Maret 2019 15:11:15 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Koordinasi Peningkatan Level Kapabilitas APIP
29 Nopember 2018 11:11:52 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP DIY Gali Peran Inspektorat Kebumen