Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Mengawal Dana Desa Gunungkidul
18 Pebruari 2019 13:28:06 / diy / dibaca: 324 kali / Kat: Evaluasi

Mengawali tahun 2019, Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta melaksanakan kegiatan evaluasi dana desa pada empat kabupaten, yaitu Gunungkidul, Kulon Progo, Klaten, dan Magelang dengan sasaran dua kecamatan dan empat desa untuk masing-masing pemerintah daerah. Kegiatan ini bertujuan guna meyakinkan bahwa pelaksanaan dana desa tahun 2018 dan sisa anggaran ahun 2017 sesuai dengan Permendes.

Untuk Kabupaten Gunungkidul, pelaksanaan kegiatan evaluasi dana desaoleh tim Perwakilan BPKP DIY berlangsung selama lima hari kerja sejak 21 Januari 2019. Dua Kecamatan yang dievaluasi yaitu Kecamatan Semanu (Desa Pacarrejo dan Desa Candirejo), serta Kecamatan Ponjong (Desa Umbulrejo dan Desa Genjahan).

Exit meeting dilaksanakan pada Rabu (30/1) bertempat di ruang Saberpungli Inspektorat Kabupaten Gunungkiduluntuk membahashasil evaluasiyang telah dilaksanakan. Pertemuanyangdipimpin langsung oleh Inspektur Kabupaten Gunungkidul Sujarwotersebut selain dihadiri oleh Tim Evaluator BPKP, juga dihadiri olehKepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gunungkidul Saptoyo, Kepala  Bidang Pemberdayaan Masyarakat DP3AKBPM dan D Kabupaten Gunungkidul dan beberapa staf Inspektorat, BKAD dan DP3AKBPM dan D.

Pengendali teknis Perwakilan BPKPD.I. Yogyakarta,Cinta Adriani memaparkan hasil evaluasi atas empat desa yang disampling antara lain mengenai penerimaan dana desa dari RKUN ke RKUD, penyaluran dana desa dari RKUD ke Rekening Kas Desa, sisa dana desa tahun sebelumnya di RKUD, efektivitas penggunaan dana desa dan penggunaan dana desa untuk padat karya tunai. Pada permasalahan efektivitas penggunaan dana desa,terdapat kegiatan bidang pembangunan desa dan pemberdayaan desa yang tidak sesuai dengan Permendes.

Terhadap permasalahan yang disampaikan tersebut, Inspektur dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah menanggapi dengan menjelaskan kendala-kendalayang dihadapi desa dalam melaksanakan dana desa. Atas seluruhpermasalahanyang disampaikan tim evaluasi, Pemda Kabupaten Gunungkidulakan memperhatikan dan mengupayakan agar tidak terulang kembali di tahun yang akan datang. Inspektorat, BKAD dan Dinas P3AKBPM dan D akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengawal dana desa agar tujuan menyejahterakan desa dapat tercapai.

(Humas BPKP DIY/ CA)



Share      

Berita Terkait:

29 Nopember 2018 10:20:26 / diy / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP DIY Reviu Program Hibah Air Minum
12 Oktober 2018 11:19:12 / diy / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP DIY Kawal PSN
18 Juli 2018 11:21:43 / diy / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Bappenas Pantau Peran BPKP DIY Terhadap Capaian Pembangunan Nasional
02 Maret 2018 14:25:37 / diy / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Evaluasi BPNT Mengawal Penyaluran Beras Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah
26 Pebruari 2018 10:54:07 / diy / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Verifikasi PKH dukung Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin