Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kabupaten Kebumen Menuju Level 3
24 Agustus 2018 14:38:28 / diy / dibaca: 707 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah tahun 2018 Perwakilan BPKP DIY melakukan upaya agar target implementasi Kapabilitas APIP, SPIP di pemerintah daerah wilayah kerja Perwakilan BPKP DIY mencapai level 3 dan pengunaan Siskeudes menjadi 100% pada akhir tahun 2018.

Kepala Perwakilan BPKP DIY, Slamet Tulus Wahyana melakukan kunjungan dalam rangka koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen, Selasa (21/8). Slamet Tulus, didampingi Koordinator Pengawas Kelompok JFA Bidang Program Pelaporan dan Pembinaan APIP (P3A) BPKP DIY, Sunarto diterima langsung oleh Plt Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz didampingi Plt Sekretaris Daerah yang juga Kepala Inspektorat Kabupaten Kebumen, Mahmud Fauzi, Kepala BPKAD, Dyah Woro Palupi dan Kepala Dispermades P3A , Moh. Amirudin.

Slamet Tulus menyampaikan akhir tahun 2018 Kapabilitas APIP dan SPIP sudah berada di level 3. Sementara implementasi keduanya di Kabupaten Kebumen masih berada di level 2. Belum terbitnya Peraturan Bupati mengenai manajemen resiko menjadi salah satu kekurangan dalam implementasi SPIP. Setelah peraturan tersebut terbit langkah selanjutnya yang harus ditempuh oleh Kabupaten Kebumen adalah mengumpulkan OPD terpilih yang sudah melakukan identifikasi resiko. Slamet Tulus mengatakan Perwakilan BPKP DIY siap membantu dan mendampingi apabila Pemda Kebumen mengalami kesulitan.

Selain hal tersebut, Slamet Tulus menyarankan agar seluruh Desa mengunakan Siskeudes. Aplikasi tersebut sangat mudah dalam pengoperasianya serta mudah dalam kompilasi laporan. Selain Siskeudes, Beliau menawarkan SIA Bumdes untuk memudahkan pengelolaan pendapatan desa. Perwakilan BPKP DIY siap mensosialisasikan aplikasi tersebut kepada Desa terpilih yang selanjutkan akan dibimbing dalam pengoperasianya sampai menghasilkan laporan yang mudah dipahami.Harapannya Desa terpilih tersebut nantinya akan, menularkan ilmunya ke desa-desa sekitar.

Sementara itu, Dyah Woro Palupi menyampaikan bahwa untuk perencanaan anggaran Pemda Kebumen menggunakan aplikasi sendiri dan rencananya akan diintegrasikan dengan Simda Keuangan dari BPKP. Dyah mengucapkan terima kasih atas bimbingan BPKP selama ini. Selain hal itu, Dyah berharap di tahun ini mendapat pendampingan dari BPKP dalam penyusunan Peraturan Bupati terkait dengan perda barang milik daerah.

Menangapi rencana Perwakilan BPKP DIY yang akan mensosialisasikan SIA Bumdes, Amirudin sangat antusias dan akan mengkoordinasika desa terpilih untuk mendapatkan bimbingan. Hal tersebut sangat membantu desa-desa pelaku pariwisata yang saat ini sedang digandrungi para wisatawan hingga memperoleh omzet sampai dengan 2 miliar. 

Diakhir kunjungan Kepala Perwakilan BPKP DIY,  Plt Bupati Kebumen menyampaikan terima kasih atas bantuan serta kerjasama selama ini dan mengharapkan bimbingan lebih lanjut khususnya tentang SIA Bumdes sehingga Kabupaten Kebumen dapat menghasilkan laporan keuangan desa yang tepat waktu dan akuntabel. (HumasBPKPDIY/&ie)



Share      

Berita Terkait:

02 Oktober 2018 11:18:09 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Reuni Pegawai Purna Bakti BPKP
08 Mei 2018 09:24:49 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Aksi Sosial BPKP DIY
02 April 2018 13:07:18 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
RAT Koperasi Karya Audita Perwakilan BPKP DIY Tahun 2018
27 Maret 2018 08:45:07 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Komisi XI DPR RI Kunjungi Desa Ponggok Kabupaten Klaten
12 Pebruari 2018 14:13:25 / diy / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KORPRI Harus Mendorong Pengembangan Kompetensi SDM