Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BPKP DIY Launching ZI Menuju WBK dan WBBM serta Gerakan Cinta Kitab Suci
26 Juni 2018 17:16:58 / diy / dibaca: 41 kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi

Senin (25/6) bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP DIY digelar syawalan keluarga besar Perwakilan BPKP DIY. Dalam syawalan diagendakan juga Launching Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), serta Gerakan Cinta Kitab Suci. Acara dihadiri oleh pegawai purna bhakti di lingkungan Perwakilan BPKP DIY, Inspektur BPKP, pejabat struktural, dan para koodinator pengawas  di lingkungan Perwakilan BPKP DIY, Dharma wanita Persatuan Perwakilan BPKP DIY, serta seluruh pegawai Perwakilan BPKP DIY.

Kepala Perwakilan BPKP DIY, Slamet Tulus Wahyana dalam sambutannya menyampaikan syawalan adalah sarana untuk melengkapi ibadah yang telah dilakukan selama bulan puasa, yaitu dengan saling memaafkan. Hikmah selama bulan puasa yang harus terus dipelihara dan ditingkatkan adalah hikmah kedisiplinan, membangun kejujuran, dan meningkatkan kepedulian sosial. Slamet Tulus mengajak seluruh pegawai  senantiasa meningkatkan amal sebagaimana telah dilakukan selama bulan puasa. Slamet Tulus memberikan apresiasi  dengan dilaksanakannya Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, serta Gerakan Cinta Kitab Suci sekaligus bersamaan dengan syawalan. Pondasi menuju Zona Integritas telah dibangun oleh senior-senior sebelumnya. Modal sudah cukup dan  Perwakilan BPKP DIY diharapkan akan menjadi salah satu unit kerja yang ditetapkan sebagai Zona Integritas.

Soetopo Heroetomo, selaku  sesepuh purna bhakti  mengungkapkan bahwa budaya syawalan sudah bukan lagi budaya kaum Muslimin, tetapi sudah menjadi budaya Bangsa Indonesia. Halal bi Halal sudah menjadi milik bangsa.Heroetomo mengajak keluarga besar Perwakilan BPKP DIY melestarikan kultur syawalan yang memiliki esensi mempererat silaturahmi dan saling memaafkan antar manusia. 

Dalam kesempatan syawalan, keluarga besar Perwakilan BPKP DIY bersama-sama menyerukan ikrar syawalan, dan dengan  disaksikan oleh para pegawai purna bhakti yang merupakan sesepuh bagi pegawai Perwakilan BPKP DIY dilakukan pencanangan Launching Zona Integritas menuju WBK dan WBBM berupa pembacaan dan penandatanganan  pernyataan zona integritas oleh perwakilan pegawai.  Rencana Kerja pembangunan Zona integritas telah dirancang dan akan dilaksanakan selama tahun 2018. Penilaian internal oleh Inspektorat BPKP dan eksternal oleh KemenpanRB. Sementara bentuk Gerakan Cinta Kitab Suci bagi Oikumene Perwakilan BPKP DIY berupa pembacaan alkitab beserta renungannya seminggu sekali yang diharapkan akan selesai dalam waktu satu tahun.  Sedangkan bagi kaum muslimin di Perwakilan BPKP DIY, berupa launching “BPKP DIY Mengaji”. Program ini berupa kegiatan rutin membaca Al Quran beserta terjemahannya yang saat ini telah diikuti 74 pegawai dan purna bhati.

Sementara hikmah syawalan disampaikan oleh Ki Sutikno dengan tema “Melestarikan Budaya Halal Bi Halal”. Ki Sutikno menyampaikan bahwa manusia dikelompokkan menjadi tiga jenis  yaitu manusia produk gagal, manusia sukses,  dan manusia berjiwa mulia. Manusia produk gagal diawali dengan berfikiran negatif, menuntut perbedaan, egois dalam perilaku, berpandangan materi, selalu melihat fisik, sehingga disebut eksistensi fisik. Manusia sukses berfikir negatif diubah menjadi positif, menuntut kebersamaan, keyakinan tinggi, perasaan peka, pikirannya tajam, sehingga disebut eksistensi energi. Yang terakhir manusia  berjiwa mulia, selalu berfikir positif, menuntut kesatuan, nurani suci, free will, keinsyafan tinggi, sehingga disebut eksistensi jiwa. Ki Sutikno berpesan agar jangan pernah kita menyimpan dendam. Memaafkan adalah melapangkan, memupuk dendam adalah mematikan. Hidup dengan damai adalah hidup dengan cinta, hidup dengan cinta akan sehat, hidup dengan sehat akan kaya, hidup dengan kaya akan panjang umur.

(Humas BPKP DIY/SiRo)



Share      

Berita Terkait:

09 Nopember 2011 15:44:55 / diy / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
BPKP DIY MENJADI TUAN RUMAH PELAKSANAAN UJIAN