Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Workshop FRA & FRM
21 Juni 2018 08:53:16 / diy / dibaca: 1068 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Rabu, (06/06) Perwakilan BPKP DIY menyelengarakan Workshop Fraud Risk Assessment (FRA) serta Workshop Fraud Risk Mapping (FRM) dengan tema Upaya Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Pencegahan Korupsi . Workshop yang diikuti oleh auditor dari Inspektorat DIY, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Bantul ini dilaksanakan 2 hari berturut-turut  mulai tanggal 6 sampai dengan 7 Juni 2018. Hadir dalam acara pembukaan, Kepala Perwakilan BPKP DIY, Kepala Sub Direktorat Investigasi Instansi Pemerintah 1 Direktorat Investigasi Instansi Pemerintah Pusat/Daerah, para pejabat struktural dan koordinator pengawas di Perwakilan BPKP DIY.

Workshop ini merupakan lanjutan dari workshop pengadaan barang dan jasa yang sudah diselengarakan pada tanggal 11 Mei 2018. Serangkaian workshop tersebut dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman peserta dalam melakukan deteksi dini pencegahan korupsi.

Dalam sambutanya Kepala Perwakilan BPKP DIY, Salamet Tulus Wahyana menyampaikan peranan APIP dituntut bisa memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa tata kelola pengelolaan keuangan daerah bisa dicegah penyimpanganya. Hal ini diperkuat dengan Peraturan Dalam Negri No 35 tahun 2018 tentang Kebijakan Pengawasan Penyelengaran Pemeritah Daerah Tahun 2019. Yang utama di dalam kebijakan tersebut adalah di tahun 2019 Peningkatan Kapabilitas APIP mempunyai 3 kegiatan yaitu  bimbingan teknis audit investigtiv, pendampingan pengadaan barang dan jasa dan penerapan sistem menejemen resiko. Slamet Tulus berharap peserta yang  mengikuti workshop menjadi Satgas Pencegahan Korupsi di masing-masing inspektorat.

Narasumber workshop Kepala Sub Direktorat Investigasi Instansi Pemerintah 1 Direktorat Investigasi Instansi Pemerintah Pusat/Daerah, Dr. Ide Juang Hernintopada hari pertama memberikanmateri mengenai FRA dalam Konteksnya, Konsep FRA dan Implementasinya.

Di hari kedua, Ide Juang membagi peserta menjadi 4 kelompok untuk berdiskusi dan praktek menyusun risk register sebagai penerapan teori fraud risk assessment di hari pertama. Di akhir acara, Korwas Bidang Investigasi, M. Satoto menyerahkan sertifikat secara simbolis serta menutup workshop tersebut. (HumasBPKPDIY/&ie)



Share      

Berita Terkait:

08 Juni 2018 09:34:49 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
WORKSHOP PENYUSUNAN PERENCANAAN PENGAWASAN BERBASIS RISIKO OLEH AAIPI WILAYAH DIY
16 Nopember 2017 16:03:29 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP DIY Selenggarakan USA dan UKI Periode November 2017
20 Oktober 2017 15:20:13 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
PDAM se DIY Peduli Risiko
12 Oktober 2017 14:13:08 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Audit Kinerja Pemda Berbasis Balance Scorecard
04 September 2017 13:36:00 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembekalan Dasar-Dasar Audit Pegawai Baru Inspektorat Purworejo