Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

PDAM se DIY Peduli Risiko
20 Oktober 2017 15:20:13 / diy / dibaca: 4950 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Setelah sukses menyelenggarakan Diklat SPI, Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (DPD PERPAMSI) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggandeng Perwakilan BPKP Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menjadi narasumber Diklat Manajemen Risiko bagi Direksi dan staf PDAM seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklat Manajemen Risiko diselenggarakan selama dua hari sejak Rabus (18/10)di Graha Tirta PDAM Tirtamarta Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari kepala seksi, koordinator dan staf,sertaperwakilan PDAM seluruh DIY.

Diklat dibuka oleh Ketua DPD PERPAMSI DIY yang juga menjabat Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Dwi Agus Triwidodo. Dalam sambutannya,  Agus  menyampaikanbahwa diklat manajemen risiko diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti Diklat SPI dan memberikan pemahaman bagi seluruh PDAM se-DIY mengenai pentingnya mengelola risiko.

Sebagai keynote speak pada Diklat Manajemen Risiko tersebut adalah Kepala Perwakilan BPKP Daerah Istimewa Yogyakarta, Tytut Ratih Kusumo. Beliau menekankan bahwa mencegah lebih baik dari pada memperbaiki, sehingga dengan mengimplementasikan manajemen risiko yang memadai manajemen dapat mencapai tujuan perusahaan dengan efektif dan efisien. Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa respon terhadap risiko akan dipengaruhi oleh selera risiko manajemen, apakah risk averse atau risk taker.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan diklat tersebut, selain pemamparan materi juga dilakukan simulasi penilaian risiko.Diawali dengan penetapan konteks, proses penilaian risiko dan penanganan risiko. Selanjutnya seluruh peserta dibagi dalam 10 kelompok untuk praktik control self assessment (CSA) penilaian risiko berdasarkan contoh sasaran corporate plan dan memaparkan hasil diskusinya.

Dengan terselenggaranya diklat ini,para peserta diharapkan dapat menyampaikan materi manajemen risiko kepada seluruh pegawai di perusahaan masing-masing dan mengimplementasikan manajemen risiko yang diawali dengan pelaksanaan penilaian risiko. Di samping itu kerjasama DPD PERPAMSI DIY dan Perwakilan BPKP DIY ini dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kompetensi SDM PDAM se DIY.

(Humas BPKP DIY/AnS/ Ed. Ros)



Share      

Berita Terkait:

21 Juni 2018 08:53:16 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Workshop FRA & FRM
08 Juni 2018 09:34:49 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
WORKSHOP PENYUSUNAN PERENCANAAN PENGAWASAN BERBASIS RISIKO OLEH AAIPI WILAYAH DIY
16 Nopember 2017 16:03:29 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP DIY Selenggarakan USA dan UKI Periode November 2017
12 Oktober 2017 14:13:08 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Audit Kinerja Pemda Berbasis Balance Scorecard
04 September 2017 13:36:00 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembekalan Dasar-Dasar Audit Pegawai Baru Inspektorat Purworejo