Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Audit Kinerja Pemda Berbasis Balance Scorecard
12 Oktober 2017 14:13:08 / diy / dibaca: 69 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Center of Excellence STAR BPKP pada Universitas Gajah Mada merupakan wadah kerjasama UGM, Pemda Sleman dan BPKP. Kegiatan terkait Center of Excellenceantara lain adalah Pelatihan Perencanaan Program dan Kegiatan Pemda Berbasis Logic Model yang diselenggarakan oleh Public Sector Governance (PSG) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada (FEB UGM). Pelatihan difokuskan pada proses perencanaan dalam menyusun indikator kinerja program dan kegiatan berbasis logic model melalui focus group discussion oleh para peserta pelatihan. Peserta pelatihan berasal dari seluruh instansi pemerintah di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sleman. Salah satu materi dalam pelatihan yang ditetapkan PSG FEB UGM adalah Pengauditan Kinerja Pemda.

Perwakilan BPKP Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai mitra PSG FEB UGM diminta bantuan narasumber untuk menjadi pengajar materi Pengauditan Kinerja Pemda. Kepala Perwakilan BPKP DIY menugaskan Sidik Wardaya sebagai narasumber untuk menyampaikan materi Audit Kinerja pada Pelatihan Perencanaan Program dan Kegiatan Pemda Berbasis Logic Model Angkatan II. Kegiatan pelatihan angkatan II tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin (9/10) bertempat Hotel Atrium Melati Sleman Yogyakarta. Sidik Wardaya menyampaikan materi Audit Kinerja Berbasis Balance Scorecard, yaitu penilaian kinerja didasarkan pada empat perspektif, yaitu perspektif pelanggan/konsumen (stakeholder), perspektif proses internal bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dan perspektif keuangan. Nara sumber menekankan, bahwa perspektif stakeholder perlu menjadi perhatian utama dalam audit kinerja di lingkungan pemerintah daerah, untuk meyakini apakah fungsi utama pemerintah memberikan layanan kepada masyarakat dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat telah dapat dilaksanakan dan dicapai dengan baik.

Peserta pelatihan mengikuti paparan audit kinerja berbasis balance scorecard dengan antusias dan merespon dengan baik antara lain dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Respon berupa pertanyaan antara lain terkait kriteria pembobotan antara satu perspektif dengan perspektif yang lain, korelasi antara audit kinerja dengan pelatihan penyusunan perencanaan berbasis logic model, serta pertanyaan bagaimana menyikapi adanya ketidakharmonisan peraturan  antar kementerian yang menyulitkan aparat di daerah untuk melaksanakan kegiatan terkait.

(Humas BPKP DIY/Sdk)



Share      

Berita Terkait:

04 September 2017 13:36:00 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembekalan Dasar-Dasar Audit Pegawai Baru Inspektorat Purworejo
22 Agustus 2017 08:43:54 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP DIY Siapkan Team Leader Inspektorat yang Handal
26 Juli 2017 10:37:58 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Kejar Kenaikan Level Kapabilitas APIP, Pemkab Purworejo Selenggarakan Diklat
22 Mei 2017 15:55:42 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kemandirian Pemda melalui Diklat Audit Kinerja dan Penyusunan LKPD Berbasis Akrual
17 Mei 2017 14:24:42 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
PENUTUPAN DIKLAT SERTIFIKASI PEMBENTUKAN AUDITOR PERTAMA