Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BPKP DIY Tingkatkan Kompetensi Auditor APIP Kota Magelang Melalui Pelatihan Audit Kinerja
06 Oktober 2017 17:23:19 / diy / dibaca: 123 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Inspektorat Kota Magelang menyelenggarakan pelatihan Audit Kinerja bagi APIP Kota Magelang selama dua hari sejak Kamis (5/10) bertempat di Ruang Rapat Inspektorat  Kota Magelang. Pelatihan diikuti oleh seluruh auditor di lingkungan Inspektorat Kota Magelang. Acara dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Magelang beserta jajarannya, Sekretaris Inspektur Kota Magelang, Tim dari Perwakilan BPKP DIY, Inspektur Pembantu Bidang 3 Inspektorat Kota Magelang, serta seluruh pejabat fungsional auditor di lingkungan Inspektorat Kota Magelang.

Sekretaris Inspektur Kota Magelang, Arif Sanjaya mewakili Inspektur Kota Magelang menyampaikan bahwa berdasarkan hasil evaluasi kapabilitas APIP tahun 2016, level kapabilitas APIP Kota Magelang masih berada di level 2 dengan catatan. Sejak evaluasi terakhir tersebut, Inspektorat Kota Magelang telah mendapatkan banyak bimbingan dan arahan dari BPKP DIY.  Arif berharap pada evaluasi yang akan datang level kapabilitas APIP Inspektorat kota Magelang bisa naik, karena berbagai persyaratan yang ada untuk memenuhi unsur tiap elemen kapabilitas APIP telah dipenuhi. “Kita bersama-sama wujudkan cita-cita tercapainya good government and clean government mulai dari diri kita, mulai dari seluruh aparat di daerah, sehingga cita-cita secara nasional juga akan terwujud,” ungkap Arif.

Korwas Bidang P3A Perwakilan BPKP DIY, Sunarto menjelaskan dalam mengukur kapabilitas APIP, dilakukan penilaian per elemen. Hasil evaluasi kapabilitas APIP pada Inspektorat Kota Magelang pada tahun 2016,  dari 6 elemen kapabilitas APIP, 3 elemen sudah berada di level 2, namun 3 elemen masih di level 1. Audit kinerja menjadi salah satu yang dipersyaratkan jika kita ingin mencapai level 3. Auditor sudah sering melakukan audit, namun yang biasa dilakukan adalah audit atas ketaatan terhadap aturan. Dalam audit kinerja, disamping ketaatan pada peraturan, ada 3 sasaran lagi yaitu efisien, efektif, dan ekonimis. Dalam audit kinerja auditor harus paham proses bisnis auditan dan harus mampu menentukan indikator mana yang kita pakai untuk mengukur. Untuk mempermudah mendeteksi kelemahan, disarankan menggunakan satu sampel guna mendeteksi kelemahan-kelemahan yang ada, dan hasilnya kita  gunakan sebagai benchmark untuk diterapkan dalam audit berikutnya. Audit kinerja menjadi kebutuhan APIP secara nasional karena menjadi persyaratan APIP level 3. Guna membangkitkan semangat Inspektorat Kota Magelang menuju level 3, Sunarto mendapatkan satu sesi dalam pelatihan untuk menjelaskan persyaratan apa saja yang dibutuhkan APIP untuk menuju level 3.

Kepala Badan kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Magelang, Aris Wicaksono berkesempatan membuka acara pelatihan Audit Kinerja APIP Kota Magelang. Aris mengungkapkan berdasarkan pasal 70 ayat 2 Undang Undang ASN, setiap pegawai ASN memiliki hak dan kesempatan guna mengembangkan kompetensinya. Ada tiga persyaratan kompetensi yang harus dimiliki oleh pegawai ASN, kompetensi teknis, manajerial, dan sosio kultural. Kompetensi manajerial dan sosio kultural berada di wilayah Lembaga Administrasi Negara, sedangkan kompetensi teknis berada di wilayah Lembaga/Kementerian. Pada kesempatan pelatihan tersebut, BPKP DIY telah hadir untuk melakukan transfer knowledge yang dibutuhkan bagi para auditor. Aris berharap pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga pemahaman APIP Kota Magelang bisa meningkat dan apa yang menjadi harapan inspektorat Kota Magelang dapat dicapai sesuai rencana.

 (Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

03 Nopember 2017 16:44:40 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
INSPEKTORAT BANTUL CAPAI LEVEL 3 DENGAN CATATAN
04 Oktober 2017 16:43:48 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tekad Inspektorat Purworejo Menuju Kapabilitas APIP Level 3
03 Oktober 2017 16:14:50 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inspektorat Kabupaten Magelang Siap Sukseskan Target RPJMN 2019
14 September 2017 09:31:19 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inspektorat Kabupaten Gunungkidul Semangat Menuju Level 3
20 Juli 2017 12:48:25 / diy / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Annual Workshop STAR BPKP Selaraskan Kerjasama Strategis Antar stakeholders