Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Tingkatkan Kemandirian Pemda melalui Diklat Audit Kinerja dan Penyusunan LKPD Berbasis Akrual
22 Mei 2017 15:55:42 / diy / dibaca: 1036 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Perwakilan BPKP DIY menyelenggarakan dua diklat sekaligus yaitu Diklat Audit Kinerja Pemerintah Daerah Bagi Pegawai di Lingkungan APIP dan Diklat Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual Dengan Aplikasi SIMDA di Lingkungan Pemerintah Daerah di wilayah kerja Perwakilan BPKP DIY. Masing-masing diklat dilaksanakan selama lima hari, dibuka pada Senin (15/5). Diklat yang  bertempat di Hotel Neo+ Awana Yogyakarta tersebut menggunakan dana dari STAR Project yang dikelola oleh BPKP. Hadir dalam acara pembukaan, Kepala Perwakilan BPKP DIY, para Koordinator Pengawas di Perwakilan BPKP DIY, wakil pegawai selaku supervisor diklat dari Pusdiklatwas BPKP,  dan seluruh instruktur diklat yang berasal dari Perwakilan BPKP DIY.

Kepala Bagian Tata Usaha Perwakilan BPKP DIY, selaku ketua penyelenggara diklat, Mardi Purwanto melaporkan diklat yang terdiri dari dua kelas tersebut masing-masing diikuti oleh 33 orang peserta. Peserta diklat audit kinerja sebanyak 33 orang seluruhnya berasal dari inspektorat di wilayah kerja Perwakilan BPKP DIY dan pegawai Perwakilan BPKP DIY. Begitu pula dengan peserta diklat penyusunan LKPD, diikuti oleh pegawai pemda di lingkungan wilayah klerja Perwakilan BPKP DIY dan pegawai perwakilan BPKP DIY. Tujuan diselenggarakan diklat bagi para peserta diklat audit kinerja adalah peserta diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, memahami dan mengimplementasikan dengan melakukan audit kinerja yang efektif. Sedangkan bagi peserta diklat penyusunan LKPD berbasis akrual dengan aplikasi SIMDA, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, memahami dan mampu menyusun LKPD yang transparan dan akuntabel.

Kepala Perwakilan BPKP DIY, Tytut Ratih Kusumo dalam sambutan pembukaan diklat menyampaikan bahwa keluhan masyarakat tentang belum membaiknya  layanan publik yang diberikan pemerintah harus disikapi dengan langkah nyata berupa peningkatan kinerja pemerintah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan audit kinerja, untuk mengetahui sejauh mana suatu instansi pemerintah, atau program pemerintah suatu telah dilaksanakan secara ekonomis, efisien dan efektif. Diklat audit kinerja menjadi prioritas. Hal ini sejalan dengan harapan peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3. Di level 3, APIP mampu menilai efisiensi, ekonomi, efektifitas suatu kegiatan, dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, maupun sistem pengendalian intern.

Mengakhiri sambutannya, Tytut kembali menekankan bahwa di wilayah  kerja perwakilan BPKP DIY masih ada 3 pemda yang belum WTP. Kendala penyusunan LKPD berbasis akrual diantaranya infrastruktur dan SDM, serta koordinasi antar SKPD. Dengan diselenggarakannya diklat audit kinerja pemerintah daerah dan diklat Penyusunan LKPD berbasis akrual menggunakan aplikasi SIMDA diharapkan pemahaman SKPD terhadap SAP akan meningkat, demikian juga dengan pengelolaan keuangan daerah melalui simda keuangan juga semakin meningkat. Harapan selanjutnya adalah pemda semakin lancar dan mandiri dalam menyusun laporan keuangan, sehingga diharapkan opini BPK meningkat,  dan menurunnya temuan audit BPK. (Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

16 Nopember 2017 16:03:29 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP DIY Selenggarakan USA dan UKI Periode November 2017
20 Oktober 2017 15:20:13 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
PDAM se DIY Peduli Risiko
12 Oktober 2017 14:13:08 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Audit Kinerja Pemda Berbasis Balance Scorecard
04 September 2017 13:36:00 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembekalan Dasar-Dasar Audit Pegawai Baru Inspektorat Purworejo
22 Agustus 2017 08:43:54 / diy / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP DIY Siapkan Team Leader Inspektorat yang Handal