Deputi Bidang Akuntan Negara

Risk Management Based Audit

Risk Management Based Audit
 

RISK MANAGEMENT BASED AUDIT SALAH SATU PRODUK UNGGULAN BPKP

Metodologi risk management based audit adalah salah satu produk unggulan BPKP sejalan dengan paradigma baru BPKP sebagai Auditor intern pemerintah yang proaktif dan terpercaya dalam mentransformasikan manajemen pemerintahan menuju pemerintahan yang baik dan bersih.

 


Pengertian


BPKP telah mengembangkan suatu metodologi audit dengan menggunakan pendekatan yang dinamakan Risk Management Based Audit (RMBA). RMBA adalah suatu metodologi audit dengan pendekatan risiko dan proses. Pendekatan ini dapat membantu dalam :

  • Menyatakan pendapat atas laporan keuangan yang diaudit melalui penelaahan yang seksama terhadap risiko salah saji laporan keuangan, yang terdiri dari risiko kekeliruan, risiko kecurangan, dan risiko kegagalan,
  • Memberikan rekomendasi yang membantu auditee meningkatkan kinerja operasinya melalui pengidentifikasian risiko, pengidentifikasian kelemahan manajemen risiko, dan perbaikan atas proses manajemen risiko dan pengendalian risiko auditee.

Implementasi


Metodologi RMBA ini dapat diimplementasikan pada auditee yang membuat pelaporan keuangan yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku seperti Badan Usaha Milik Negara/Daerah, Proyek Pinjaman Luar Negeri, dan Instansi Pemerintah.

 

Deliverable yang dapat diberikan kepada auditee, selain laporan opini dan laporan rekomendasi, adalah perangkat bantu dan kerangka kerja yang dapat membantu auditee dalam mengidentifikasi risiko dan mengevaluasi efektivitas manajemen risiko seperti: Proses Manajemen Risiko, Kerangka Analisis Operasi, Model Risiko, Penelaahan Kinerja, Kerangka Proses Pengolahan Informasi, Penaksiran Risiko Kecurangan.

..strategi pencapaian..


Share