Deputi Bidang Akuntan Negara

Pedoman Umum Manajemen Risiko

 

 

Pedoman Umum Manajemen Risiko ini merupakan buku pertama dari seri buku manajemen risiko yang disusun oleh Satuan Tugas Manajemen Risiko BPKP Deputi Bidang Akuntan Negara. Buku ini membahas “apa” manajemen risiko bukan mengenai “bagaimana” manajemen risiko dilakukan.

 

Buku tentang Pedoman Umum Manajemen Risiko ini digunakan sebagai panduan bagi tenaga profesional BPKP memahami tentang konsep risiko dan manajemen risiko serta praktik-praktik terbaik dalam perancangan dan penerapan struktur dan proses manajemen risiko.

 

Ruang lingkup buku ini mencakup penjelasan mengenai konsep risiko, konsep manajemen risiko, kerangka manajemen risiko, proses manajemen risiko, dan dokumentasi manajemen risiko.

 

Bab konsep risiko membahas tentang berbagai persepsi risiko, definisi risiko, dan pentingnya kesamaan bahasa risiko. Bab konsep manajemen risiko membahas tentang tinjauan umum, perkembangan manajemen risiko, manajemen risiko dalam struktur korporat, manajemen risiko dalam perencanaan stratejik, dan manajemen risiko dalam pengambilan keputusan. Bab Kerangka Manajemen Risiko membahas tentang kerangka manajemen risiko yang dikemukakan oleh beberapa badan penyusun standar seperti Standards AS/NZS 4360 dan Enterprise Risk Management COSO. Bab Proses Manajemen Risiko membahas tentang tinjauan umum dan tahap-tahap dalam proses menajemen risiko menurut Standards AS/NZS 4360. Dan Dokumentasi Manajemen Risiko membahas tinjauan umum tentang dokumentasi manajemen risiko dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dokumentasi.


Share