Deputi Bidang Akuntan Negara

Pedoman Evaluasi GCG

 

 

Profesionalisme dalam rangka pengelolaan perusahaan-perusahaan negara merupakan sasaran yang harus diperjuangkan guna terselenggaranya tata kelola perusahaan sesuai dengan harapan Menteri BUMN sebagaimana tertuang dalam surat keputusannya yang bernomor: KEP-117/M-MBU/2002, tertanggal 1 Agustus 2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance pada BUMN . Hal yang terpenting dari Surat Keputusan Menteri BUMN tersebut adalah diberlakukannya kewajiban bagi BUMN untuk mengelola kegiatan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran.

 

Untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan-perusahaan negara telah menerapkan prinsip-prinsip tersebut, diperlukan adanya kegiatan evaluasi penerapan GCG yang ditujukan untuk mengidentifikasi area of improvement di bidang CG berikut rekomendasi tindak lanjutnya. Bagi BPKP, kegiatan evaluasi GCG merupakan salah satu proses governance yang penting, selain dari kegiatan penyediaan jasa konsultasi implementasi yang selama ini dilaksanakan.

 

Dalam rangka memenuhi harapan tersebut, Tim CG BPKP telah menyusun Pedoman Evaluasi GCG-BPKP yang terdiri atas 5 (lima) buah buku sebagai berikut:

  1. Petunjuk teknis
  2. Indikator dan Parameter
  3. Metodologi Penguympulan dan Pengolahan Data
  4. Pemaparan
  5. Pelaporan

 

Pedoman-pedoman di atas disusun dengan menempatkan modul-modul konsepdan teaori GCG yang lebih dahulu disusun sebagai referensi utama, sebagai upaya untuk mempertemukan keterkaitan antara substansi yang dievaluasi dengan metodologi evaluasinya.


Share