Deputi Bidang Akuntan Negara

Berita Seputar Deputi Bidang Akuntan Negara

Samakan Persepsi dalam Inventarisasi dan Clearance Aset Bulog
10 Nopember 2016 10:45:01 / dan / dibaca: 340 kali / Kat: Evaluasi

Jogja (3/11) - Menindaklanjuti MoU antara Perum Bulog dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Nomor: PK-109/DU100/05/2016 dan MoU-01/D5/02/2016 tanggal 2 Mei 2016 tentang Pengembangan, Penerapan dan Penguatan Tata Kelola Perusahaan yang Baik pada perusahaan Perum Bulog, Perum Bulog menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan Inventarisasi dan Clearance Aset Tetap Perum Bulog selama tiga hari, 2- 4 November 2016 di hotel The Alana Yogyakarta.

Pembukaan sosialisasi dihadiri oleh  Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara (AN) Gatot Darmasto, Direktur Pengawasan Badan Usaha Jasa Perhubungan, Pariwisata, Kawasan Industri dan Jasa Lainnya, Danny Amanda, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DI Yogyakarta Tytut Ratih Kusumo, Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Wahyu Suparyono, Kadivre Yogyakarta Perum Bulog, serta diikuti Kasubdit Pengawasan Badan Usaha Lainnya BPKP, Koordinator Pengawasan AN seluruh perwakilan BPKP, dan perwakilan Divisi Regional Perum Bulog dari seluruh Indonesia.

Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum dan penyamaan persepsi dalam Inventarisasi dan Clearance Aset tetap Perum Bulog dengan menghadirkan narasumber tim materi penyusun Pedoman Pelaksanaan Inventarisasi dan Clearance Aset tetap Perum Bulog dari Tim BPKP kantor Pusat dan Tim kantor Pusat Bulog.

Hasil inventarisasi dan clearance aset tetap tersebut akan diriviu oleh BPKP dengan tujuan untuk memberikan masukan kepada pimpinan Perum Bulog dalam rangka mengoptimalkan aset tetap yang dimiliki Perum Bulog.

Direktur SDM dan Umum Perum Bulog, Wahyu Suparyono pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada BPKP yang meskipun banyak sekali tugas-tugas yang diberikan oleh presiden saat ini kepada BPKP, namun BPKP masih bersedia membantu perum Bulog.

Wahyu Suparyono berpesan kepada para peserta, agar sosialisasi diikuti dengan seksama dan serius, dengan konsentrasi penuh dan jika terdapat hal-hal yang tidak jelas agar ditanyakan kepada narasumber, sehingga Divisi Regional mendapat gambaran yang jelas untuk dilaksanakan di wilayah masing-masing.

“Sosialisasi ini diharapkan akan didapat aset-aset yang legal standingnya jelas, sehingga ke depan bisa dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan manajemen,” ujar Wahyu.

Selanjutnya acara dibuka oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Gatot Darmasto, dalam sambutan pembukaannya Gatot menyampaikan apresiasinya kepada Bulog yang sudah bersedia melakukan kerjasama dengan BPKP.

Gatot Darmasto menilai kegiatan ini sangat penting terkait dengan persiapan Perum Bulog yang akan menjadi Holding di bidang pangan. Kegiatan ini juga sangat diperlukan dalam rangka pembenahan akuntabilitas pembenahan aset tetap yang selama ini dinilai menimbulkan banyak temuan audit oleh eksternal audit.

Lebih lanjut Gatot menjelaskan terdapat tiga yang harus dibenahi BUMN/BUMD dan badan usaha lain, yaitu mengenai corporate governanceinternal control dan risk management.

“Pembenahan tersebut untuk memperbaiki kondisi BUMN/BUMD dan badan usaha lain, mengangkat tingkat persepsi korupsi indonesia yang masih pada peringkat 88 dunia dan peringkat 4 level di ASEAN,” tegas Gatot.

Di samping itu pembenahan manajemen aset juga diperlukan untuk perbaikan target pemerintah terhadap BUMN yang diharapkan semakin meningkat terkait kontribusinya pada anggaran negara.

Gatot berharap para peserta dapat memahami sosialisasi ini, sehingga diperoleh persepsi yang sama dan para peserta juga dapat menjelaskan ke pewakilan secara jelas, diharapkan ke depan dapat memberikan manfaat baik untuk Perum Bulog dan untuk bangsa Indonesia.

(Humas BPKP Pusat/dp/end)



Share      

Berita Terkait:

05 Desember 2013 20:14:59 / dan / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Menuju Pencapaian Kinerja yang Ekselen
05 Desember 2013 03:09:04 / dan / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Dukung Program BUMN Bersih
20 Pebruari 2013 12:09:10 / dan / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Rapat kerja Deputi Bidang Akuntan Negara dan Bidang Akuntan Negara tahun 2013
20 Nopember 2012 23:18:13 / dan / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Raker DAN & BAN tahun 2012
22 Mei 2012 23:38:45 / dan / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Rapat Kerja Deputi Bidang Akuntan Negara Tahun 2012 Jakarta 7-9 Mei 2012