Deputi Bidang Akuntan Negara

Berita Seputar Deputi Bidang Akuntan Negara

BUMD dan BLUD Harus Kuat
12 Nopember 2015 11:07:35 / dan / dibaca: 2067 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Workshop Peningkatan Kapasitas BUMD/BLUD dilaksanakan di Gedung Graha Solo Raya, Badan Koordinasi Wilayah II Provinsi Jawa Tengah, Jl. Slamet Riyadi No. 1, Surakarta, Jawa Tengah. Dibuka secara langsung oleh Pj Walikota Surakarta Budi Suharto, workshop yang bertema “Meningkatkan Kinerja BUMD/BLUD Melalui Peningkatan Manajemen Risiko, Tata Kelola dan Pengendalian” dihadiri oleh 153 orang yang terdiri dari Dewan Pengawas, Kepala SPI dan Auditor dari 71 BUMD/BLUD di Pulau Jawa (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogjakarta, dan Jawa Timur).

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Administrasi Sekda Kota Surakarta Rakhmat Sutomo, Direktur Pengawasan BUMD  I Nyoman Sardiana, Direktur Pengawasan Badan Usaha Agrobisnis Jasa Konstruksi dan Perdagangan Bambang Utoyo, Direktur Pengawasan Badan Usaha Jasa Manufaktur dan Keuangan Riyani Budiastuti, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Bambang W. Basuki, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta Bonny Anang Dwijanto.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Surakarta menyampaikan pentingnya penguatan peran pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat. “kinerja akan dikembalikan pada kapasitas administrasi, jika kita mampu mengelolanya, BUMD dan BLUD dapat menjadi motor ekonomi di daerah.” ujar Budi.

Gatot Darmasto dalam penyampaian keynote speech-nya, menekankan bahwa dengan dilaksanakan acara tersebut dapat menjadi langkah awal dari perbaikan BUMD dan BLUD ke depannya. Pengelolaan BUMD dan BLUD harus memenuhi tata kelola perusahaan yang baik atau lebih dikenal dengan Good Corporate Governance (GCG).

“BUMD dan BLUD harus kuat dan memiliki competitive advantage untuk dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain, terlebih kita akan menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN” jelas Gatot.

Selain itu, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara tersebut juga mengharapkan agar nantinya, BUMD dan BLUD mampu memberikan kontribusi terhadap APBD, bukan seperti saat ini dimana masih banyak BUMD dan BLUD yang malah membebani APBD.

Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan memberikan pembekalan dan sharing pengetahuan kepada SPI BUMD tentang Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), Pengelolaan/Manajemen risiko, Sistem Pengendalian Intern, dan Forensic audit. Diharapkan setelah mengikuti Workshop ini, Dewan Pengawas, Kepala SPI dan Auditor BUMD/BLUD dapat menjalankan perannya lebih efektif agar tujuan BUMD dapat tercapai.

Materi yang diberikan dalam workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut antara lain tentang memperkuat peran Satuan Pengawasan Intern dalam implementasi Sistem Pengendalian Intern dengan narasumber Direktur Pengawasan Badan Usaha Agrobisnis Jasa Konstruksi dan Perdagangan Bambang Utoyo dan Auditor Husin Gasim. Selanjutnya, dipaparkan materi terkait membangun dan mengevaluasi Good Corporate Governance di BUMD/BLUD oleh Auditor Anne Florence, Sri Gratikana, dan Agus Ranu. Sedangkan di hari kedua, akan dijelaskan tentang pengelolaan dan mitigasi risiko yang akan disampaikan oleh Famatina, Slamet Susanto, Christina Ningsih, dan Trisacti Wahyuni. Materi terakhir bertema mencegah terjadinya kecurangan (Fraud) dalam Proses Pengadaan barang dan jasa akan dijelaskan oleh narasumber dari Asosiasi Auditor Forensik Indonesia (AAFI).

(HB/BO/AS)

 



Share      

Berita Terkait:

23 September 2014 02:23:02 / dan / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Workshop Implementasi SIA BLUD RSD Se-Provinsi Kalimantan Selatan
01 Mei 2013 14:43:36 / dan / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Studi Banding Tim Monitoring dan Aplikasi Penilaian GCG PT Telkom ke BPKP Pusat
12 Juli 2012 12:30:02 / dan / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Seminar Identifikasi dan Mitigasi Risiko Bisnis PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Jakarta 5 Juli 2012
14 Desember 2011 04:06:28 / dan / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP sebagai Narasumber dalam Sosialisasi dan Workshop KPI Dewan Komisaris
09 Nopember 2011 10:02:52 / dan / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
SHARING PT TIMAH Tbk: BAGAIMANA MENGURANGI KEGAMANGAN PARA PENYELENGGARA PENGADAAN BARANG DAN JASA?