Deputi Bidang Akuntan Negara

Berita Seputar Deputi Bidang Akuntan Negara

Insan Deputi Akuntan Negara Siap Kawal Program Strategis Pemerintah
04 Oktober 2015 15:32:43 / dan / dibaca: 788 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Program strategis pemerintah berupa nawa cita yang dijabarkan melalui 100 program prioritas memerlukan dukungan seluruh pihak termasuk BPKP. Deputi Akuntan Negara sebagai salah satu bagian dari BPKP diharapkan dapat mendukung pencapaian program tersebut.

Demikian disampaikan Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Gatot Darmasto saat membuka Rapat Kerja Deputi Akuntan Negara di Bogor tanggal 28 September 2015. Rapat kerja Deputi Akuntan Negara merupakan bentuk tindak lanjut dari Rapat Kerja BPKP tanggal 4 September 2015. Hasil dari rapat kerja ini diharapkan dapat mendukung simpulan Rapat Kerja BPKP dan sebagai salah satu acuan bagi insan Deputi Akuntan Negara dalam melangkah ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara menyampaikan bahwa saat ini terjadi masalah perlambatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena krisis ekonomi dunia. Hal ini berakibat pada menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat dan terhambatnya program pembangunan yang telah dicanangkan.

Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut, Presiden meminta kepada seluruh instansi pemerintah di pusat dan daerah serta BUMN dan BUMD untuk meningkatkan government spending. “Dengan menggenjot government spending diharapkan dapat menggerakkan sektor riil di masyarakat, yang pada akhirnya akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi,” ungkap Gatot.

Namun, peningkatan government spending tidak serta merta mudah dilakukan. “Ada beberapa masalah yang menghambat yaitu kelambatan birokrasi dan kegamangan dari eksekutor program pemerintah bahwa mereka akan berurusan dengan aparat penegak hukum di kemudian hari,” kata Gatot.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, Presiden telah memberikan instruksi kepada instansi pemerintah tingkat pusat, pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan BPKP yaitu: 1) Jangan ada ego sektoral dan ego instansi; 2) Jangan ada kasus perdata yang dipidanakan dan sebaliknya; 3) Jangan ada istilah potensi dalam perhitungan kerugian keuangan negara; 4) Sesuai UU BPK maka permasalahan dari hasil pemeriksaan BPK baru boleh ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum setelah masalah tersebut berumur 60 hari; serta 5) Jangan melakukan ekspose ke media sebelum kasus kerugian keuangan negara telah masuk ke tahap penuntutan.

Di samping itu, Presiden secara khusus meminta kepada BPKP untuk mengawal program-program pemerintah guna mengurangi kegamangan dari para pelaksana program tersebut. Program tidak terbatas pada sisi pemerintah namun juga yang dilakukan oleh BUMN dan BUMD.

Untuk itu, Gatot berharap dalam Rapat Kerja ini dapat dirumuskan bentuk pengawalan atas program-program pemerintah melalui refocusing kegiatan pengawasan BPKP pada BUMN dan BUMD. Refocusing diarahkan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Deputi Akuntan Negara pada kurun waktu semester II tahun 2015 dan tahun 2016.

Sebagai penutup, Gatot juga berharap kepada insan Deputi Akuntan Negara terjadi peningkatan kapasitas atas materi/pedoman pengawasan yang telah update dan terbangunnya kebersamaan serta kerja sama guna mendukung kinerja yang lebih baik.

Rapat Kerja Deputi Akuntan Negara tahun 2015 mengambil tema “Memantapkan Peran Deputi Akuntan Negara Dalam Mendukung Pencapaian Kinerja BPKP Dalam Mengawal Program Strategis Pemerintah.” Rapat kerja dilangsungkan selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 September 2015 dengan diikuti sebanyak 136 peserta. Materi rapat kerja antara lain refocusing kegiatan pengawasan Deputi Akuntan Negara, sosialisasi hasil Rapat Kerja BPKP, diseminasi pedoman umum sistem pengendalian intern dan scorecard GCG BUMD, serta sosialisasi standar audit internal, kode etik, dan telaahan sejawat Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI). Untuk meningkatkan kebersamaan dan kerja sama antar insan Deputi Akuntan Negara maka Rapat Kerja diisi juga dengan acara outbond.

(Humas DAN)



Share      

Berita Terkait:

19 Agustus 2015 10:58:15 / dan / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kemeriahan Agustusan Deputi Bidang Akuntan Negara
20 Nopember 2013 12:42:19 / dan / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Dober Senin 18 Nopember 2013 di Deputi AN
25 Januari 2013 15:45:28 / dan / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penandatanganan Pakta Integritas di Lingkungan Deputi Bidang Akuntan Negara