Pemantauan Kinerja Realtime melalui Dashboard CITRA

Acara yang diadakan di ruang rapat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kwinhatmaka, Kepala Bagian Tata Usaha Syarief Muhammad beserta jajaran, dan tim Inspektorat BPKP.

Dalam kesempatan tersebut Kwinhatmaka menyambut baik kehadiran Inspektur beserta tim dan siap untuk segera menindaklanjuti jika terdapat capaian kinerja yang belum sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Selanjutnya, dalam paparannya, Buntoro menjelaskan bahwa dalam DashboardCITRAterdapat early warning yang mengingatkan risiko ketidaktercapaian sejak dini. “Misalnya terdapat satu kegiatan yang belum atau terlambat dilaksanakan, dan hal tersebut dapat mengakibatkan sasaran program dan sasaran strategis tidak tercapai, maka CITRA akan mengirim early warning-nya,” jelas Buntoro.

Lebih lanjut Buntoro menjelaskan bahwa Dashboard CITRA ini berada pada level ad hoc analytic dan initial stage untuk analisis pada data-data tertentu saja. “Untuk naik lagi ke atas yaitu routinely leverage harus dilihat core competention di masing-masing kedeputian, yang hasilnya akan kita perdalam melalui penilaian risiko dalam proses auditnya. Fokusnya adalah seluruh BPKP pada level Fully Optimized,” tegas Buntoro.

Di akhir paparan, Buntoro mengharapkan bahwa melalui Dashboard CITRA organisasi akan menjadi semakin efektif, efisien dan makin transparan.

 

Humas Inspektorat/Tan