BPKP Kaltara Lakukan Sosialisasi SPIP dan Koordinasi Pengawasan dengan Pemkab KTT

TANA TIDUNG – Kamis (9/9) Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Rusdy Sofyan beserta jajarannya melakukan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan koordinasi pengawasan dengan Wakil Bupati Tana Tidung, Hendrik di Kantor Bupati Tana Tidung.

Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan yang disampaikan oleh Plt. Inspektur Kabupaten Tana Tidung, Syahrul dilanjutkan dengan sambutan Wakil Bupati Tana Tidung, Hendrik.

 “Tahun 2020 merupakan masa yang sulit karena terjadi pandemi COVID-19. Kejadian luar biasa yang mengharuskan untuk menata kembali kehidupan kita oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tana Tidung harus berusaha mewujudkan tata kelola yang baik, good government yang sejalan dengan semangat dan upaya untuk mendukung pemerintah yang pro rakyat, salah satunya dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi pada hari ini," ujar Hendrik.

Pada akhir kesempatannya, Hendrik mengucapkan terima kasih kepada Kaper BPKP Kaltara.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tana Tidung mewakili Bupati Tana Tidung, saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara serta seluruh jajarannya yang berkenan hadir pada hari ini sebagai narasumber.”

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Rusdy Sofyan yang sekaligus mensosialisasikan New Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Dalam sambutannya, Rusdy menyampaikan bahwa Gubernur, Bupati, dan Wali Kota wajib melakukan pengendalian terhadap kegiatan pemerintahannya. Oleh karena itu, BPKP siap hadir untuk membantu Pemerintah Daerah dalam pengendalian tersebut melalui SPIP.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan koordinasi pengawasan yang membahas mengenai perlunya percepatan penerbitan peraturan kepala daerah tentang hibah dan bantuan sosial (bansos), serta pentingnya Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) guna perbaikan tata kelola pemerintahan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan penandatanganan pernyataan dukungan stakeholder Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara mengenai “Strategi Penguatan Sistem Pengendalian Intern (SPIP) Pemerintahan Daerah (Pemda) di Wilayah Provinsi Kalimantan Utara melalui Sistem Bimbingan Konsultansi (SIBAKUL) yang Masif dan Menarik”. Mengenai hal itu, Hendrik beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup Pemkab Tana Tidung turut mendukung strategi tersebut.

 

(Kominfo BPKP Kaltara)