BPKP Kaltara Lakukan Audit Program Vaksinasi COVID-19

TARAKAN - Pada hari Senin (1/2) Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara menerjunkan tim audit yang terdiri dari dua tim audit, masing-masing di Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan, untuk melaksanakan Audit Program Vaksinasi Covid-19 dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 Tahun 2021.
 
Kegiatan dilaksanakan secara paralel oleh masing-masing tim, dimulai dengan entry meeting di Dinas Kesehatan Kota Tarakan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, sebelum melanjutkan cek fisik ke lokasi pelaksanaan vaksin di kedua wilayah tersebut.
 
Lokasi yang menjadi sasaran cek fisik audit adalah RS Pertamina di Kota Tarakan dan Puskesmas Pimping di Kabupaten Bulungan. Berdasarkan hasil pemantauan, pelaksanaan pemberian vaksin di kedua tempat tersebut berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Selain di kedua fasyankes tersebut, dalam beberapa hari ke depan tim masih akan terus melaksanakan cek fisik ke beberapa lokasi fasyankes lainnya guna memperoleh keyakinan bahwa pelaksanaan vaksin telah berjalan sesuai dengan petunjuk teknis dan standard operating procedur (SOP) yang ditetapkan.
 
Menurut rencana, kegiatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Utara akan dilaksanakan dalam 4 tahapan. Tahap I menyasar para tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, maupun mahasiswa pendidikan profesi kedokteran yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan. Sementara itu, tahap II menyasar para petugas layanan publik dan para petugas yang terlibat langsung dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Selanjutnya, tahap III akan menyasar masyarakat rentan, dilihat dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Lalu pada tahap IV, pemberian vaksin diarahkan kepada masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya yang belum masuk dalam kelompok penerima vaksin tahap I, II, dan II, dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Masing-masing tahapan memiliki dua sesi pemberian vaksin dengan jarak pemberian berselang 14 hari.
 
Kegiatan vaksinasi tahap I di Provinsi Kalimantan Utara dimulai sejak tanggal 14 Januari 2021 sampai dengan beberapa minggu ke depan. Saat ini, mayoritas fasyankes telah memasuki sesi kedua. Artinya, program vaksinasi tahap I sudah hampir selesai. Selanjutnya, tahap II, tahap III, dan tahap IV siap digelar. Harapannya, semoga program vaksinasi Covid-19 dapat berjalan lancar dan pandemi segera berakhir.
 
(Kominfo BPKP Kaltara/Bidang IPP)