Bimtek Pengoperasian Aplikasi FMIS Lingkup Badan Keuangan Provinsi Gorontalo

Jakarta (26/01) BPKP Mengisi Kegiatan Bimbingan Teknis Pengoperasian Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) Lingkup Badan Keuangan Provinsi Gorontalo

Danial Ibrahim dalam laporannya menyatakan peningkatan kompetensi SDM pengelola keuangan daerah merupakan keharusan untuk dapat mendukung pengelolaan keuangan daerah. Bimtek dilaksakanan selama tiga hari mulai Rabu 26 Januari 2022 sampai dengan 28 Januari 2022, dengan peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari Badan Keuangan Provinsi Gorontalo.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Daerah, Raden Suhartono, BPKP senantiasa mendorong APIP untuk menjadi trusted advisor yang mendukung implementasi good governance Pemerintah Daerah agar mengarah pada pencapaian Visi Misi Kepala Daerah. Raden juga menekankan implementasi SPIP agar pencapaian tujuan Pemda dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien sehingga diperoleh laporan keuangan yang handal, aset daerah yang aman dan pelaksanaanya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sambutannya yang sekaligus juga membuka acara, Gubernur Gorontalo menekankan bahwa salah satu bagian dalam Reformasi Birokrasi adalah implementasi sistem yang handal. Salah satunya adalah implementasi gerakan nasional non tunai yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, sebagai salah satu implementasi bela pengadaan untuk belanja ATK, dan makan minum rapat secara online, realisasi Pemprov Gorontalo termasuk yang tertinggi di Indonesia. Rusli Habibie berharap, hasil yang diperoleh dalam bimtek ini dapat segera diimplementasikan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dalam pelaksanaan Bimtek, Korwas APD Agung Ragil Pujono menyampaikan bahwa BPKP senantiasa hadir untuk mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerahnya. Bimtek dilanjutkan dengan pemateri dari Tim Satgas BPKP Pusat Mediyanto, Agus Budi Priyono, Minang Firmansyah dan Heru Arief Wijaya.

Kegiatan bimtek dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan