Coaching Clinic Penginputan APBDes Tahun 2022 Berbasis Siskeudes Versi 2.0.4 Boalemo

Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Sosial PMD Boalemo bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo melaksanakan Coaching Clinic Penginputan APBDes Tahun 2022 berbasis Siskeudes Versi 2.0.4 Bagi Kaur Keuangan dan Kepala Desa se Kabupaten Boalemo di Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 30 November  s/d 10 Desember 2021 yang diikuti oleh Sekdes, Kaur Keuangan Desa dan Operator Desa dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa dalam mengelola aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes).

Hadir pada acara tersebut, Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara, Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Boalemo Monru Mopangga, Korwas APD Agung R Pujono, Korwas P3A Ahmad Baihaqi serta para Camat dan kepala Desa se Kabupaten Boalemo. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara dalam sambutannya menyatakan bahwa setiap tahun dana desa semakin meningkat, oleh karena itu diperlukan komitmen bersama agar dana desa bisa dipergunakan sebaik mungkin sesuai yang diharapkan oleh pemerintah pusat. Kaper juga menambahkan bahwa BPKP sengaja merancang aplikasi Siskeudes dalam rangka peningkatan akuntabilitas keuangan di desa. Aplikasi Siskeudes tersebut merupakan alat bantu yang diperuntukkan untuk Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban secara komputerisasi.

Sementara itu Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf pada awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang senantiasa memberikan bimbingan terhadap Pemerintah Kabupaten Boalemo, khususnya terkait keuangan dan pembangunan di Kabupaten Boalemo sehingga dengan adanya bimbingan dari BPKP Gorontalo, Pemerintah Boalemo sudah mendapatkan empat kali predikat WTP. Harapan dan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah bagaimana APBDes bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh desa yang ada di Kabupaten Boalemo, tambah Anas.

Pelaksanaan kegiatan tersebut tentu juga tetap memperhatikan protokol covid-19 seperti menerapkan physical distancing dan mengenakan masker.