Kawal Pengelolaan Aset Desa Kabupaten Gorontalo

Gorontalo (12/10) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD) Kabupaten Gorontalo melaksanakan “Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Aset Desa” bekerja sama dengan BPKP Gorontalo di kantor PMD Kabupaten Gorontalo.

Diawali sambutan oleh Kepala Dinas PMD kabupaten Gorontalo yang diwakili oleh Matias selaku kabid Penataan Keuangan dan Aset Desa, “kegiatan bimtek ini hanya di ikuti oleh 20 desa di kabupaten Gorontalo, harapanya untuk desa-desa yang berkesempatan mengikuti bimtek ini diharap dapat memberi contoh kepada desa lain terkait pengelolaan aset desa” ujar Matias tak hanya itu Matias juga menyampaikan terimakasih kepada BPKP telah membantu melaksanakan kegiatan bimtek pengelolaan aset desa ini.

Kegiatan bimtek ini merupakan lanjutan dari bimtek penyusunan laporan keuangan desa ujar Agung Ragil Pujono selaku Koordinator Pengawasan Bidang APD yang mewakili Kepala Perwakilan BPKP Gorontalo untuk membuka acara bimtek. Bimtek ini juga dilakukan karena aset desa semakin lama semakin meningkat dan perlu diimbangi dengan pengelolaan aset desa yang baik, serta diharapkan transparan dan akuntabel. Aplikasi yg akan digunakan untuk pengelolaan aset desa adalah Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES). Di penutupan sambutannya Agung menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang telah bekerjasama baik selama ini dengan BPKP Gorontalo. Tak lupa juga menekankan untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan bimtek.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari kerja dimana 2 hari melakukan bimtek di kantor PMD dan 2 hari pendampingan pengelolaan aset di desa oleh tim APD BPKP Gorontalo.

(kominfobpkpgorontalo/sj)