Choaching Clinic Penyusunan Catatan Laporan Keuangan(CALK) Tahun 2021

Gorontalo(16/2) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic Penyusunan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes versi 2.0.3 Tahun 2021 di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Satu Kabupaten Gorontalo Astri Tuna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gorontalo Nawir Tondako, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara dan Sekretaris Desa serta Kaur Keuangan/Bendahara Desa Kab. Gorontalo.

Sambutan pertama oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Gorontalo Nawir Tondako menyampaikan terimakasih kepada BPKP Provinsi Gorontalo telah melakukan coaching clinic tentang penyusunan Catatan atas Laporan Keuangan Desa berbasis Siskeudes tahun 2021 dan berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tertib dan baik.

Berlanjut dengan arahan Kepala Perwakilan BPKP Gorontalo Raden Murwantara, Raden menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo yang telah bekerja sama dengan BPKP membangun akuntabilitas keuangan di dalam penggunaan dana desa. Tak hanya itu Raden juga menambahkan bahwa dana desa sebagai wujud dari komitmen pemerintah pusat untuk selalu meningkatkan pembangunan desa.

Dana desa setiap tahun mengalami peningkatan, ini merupakan komitmen pemerintah pusat serta diharap pemerintah desa menjaga akuntabilitas dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Siskeudes merupakan salah satu wujud kolaborasi BPKP dan Kemendagri dalam rangka membangun akuntabilitas di pemerintah desa. Siskeudes semakin berkembang dan terintregasi dengan OMSPAN, SISWASKEUDES dan APBDes. Tak hanya itu Siskeudes sudah teriplementasi di kurang lebih 74ribu desa di seluruh Indonesia, untuk Kabupaten Gorontalo sudah 191 desa menggunakan Siskeudes. Untuk prioritas tahun 2021 adalah pemulihan ekonomi, pelaksanaan program prioritas nasional dan desa tanggap covid-19 yang dimana anggaran desa tanggap covid-19 sebesar 8% dari APBDes.

Dalam Penutupannya Raden menekankan untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama kegiatan dimulai

Dilanjut dengan sambutan serta pembukaan oleh Astri Tuna selaku Asisten Satu Pemerintah Kabupaten Gorontalo, dalam sambutannya Astri menyampaikan selamat kepada para peserta yang dapat mengikuti kegiatan coaching clinic ini serta terimakasih atas kerjasama yang telah dibangun dengan BPKP Gorontalo sehingga kegiatan ini dapat berlangsung.

Diakhiri dengan penyematan secara simbolis kepada peserta oleh Asisten Satu Pemkab Gorontalo dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

(kominfobpkpgorontalo/sj)