BIMTEK Audit Investigasi Bagi APIP Inspektorat Bone Bolango

(22/2) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara dan Inspektur Kab. Bone Bolango Fredy Achmad membuka kegiatan BIMTEK Audit Investigasi(AI) Inspektorat Kab. Bone Bolango yang akan dilaksanakan dari tanggal 22-24 Februari di Auditorium BPKP Gorontalo.

Dalam Sambutan dan Pembukaannya Fredy Achmad Inspektur Kab. Bone Bolango menyampaikan bahwa dengan adanya regulasi terbaru terkait dengan organisasi tata kerja inspektorat daerah untuk memasukan satu bidang/inspektur bagian investigasi maka menjadikan pelaksanaan Bimtek Audit Investigasi adalah yg pertama dan awal yg baik untuk Inspektorat Bone Bolango.

Fredy Achmad sangat berharap dengan adanya BIMTEK Audit Investigasi Inspektorat Kab. Bone Bolango sebagai peserta BIMTEK serius mengikuti Bimtek demi menciptakan SDM Auditor Investigasi yang handal, tak hanya itu Fredy juga berterimakasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo telah menyediakan fasilitas BIMTEK yang mematuhi protokol kesehatan.

Raden Murwantara selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa APIP Inspektorat Kabupaten sekarang berfungsi melakukan assurance juga berfungsi melakukan consulting kepada OPD untuk mengantisipasi risiko terutama risiko fraud/kecurangan, terutama bagi Inspektorat Kab. Bone Bolango yang sudah mencapai level 3, di tuntut untuk menjadi Trusted Advisor yaitu bagaimana memberi nilai tambah dan rekomendasi strategis bagi Kepala Daerah dalam rangka pencegahan fraud.

Selanjutnya Raden Murwantara menyampaikan bahwa BIMTEK AI ini sangat penting, dimana menurut survei IIA (Institute of Internal Auditors) menyatakan bahwa keahlian Audit Investigasi menduduki peringkat yang tinggi untuk  kebutuhan stake holders dan menyambut baik Inspektorat Kab. Bone Bolango mengadakan BIMTEK ini, dan mengharap para peserta dapat mengikuti BIMTEK dengan serius.

Dilanjut dan ditutup dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

(kominfobpkpgorontalo)