BPKP Gorontalo Serahkan Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2020 Kepada Wakil Gubernur Gorontalo

Bertempat di ruang kerja Wakil Gubernur Gorontalo, Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2020. Kamis (18/2).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara yang didampingi oleh Kabag TU serta para Korwas mengunjungi Kantor Gubenur Gorontalo. Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2020 diterima oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim yang didampingi oleh Inspektur Provinsi Gorontalo Sukril Gobel. Wagub merespons dengan baik penjelasan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo atas pokok-pokok permasalahan dalam Laporan Hasil Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo tersebut serta meminta Inspektur untuk segera menindaklanjutinya.

Laporan tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pengawasan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo pada Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo, instansi vertikal, dan BUMN/D di wilayah Provinsi Gorontalo. Untuk tahun 2020 yang menjadi fokus dari laporan tersebut adalah Pengawalan Efektivitas dan Efisiensi Program Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pengawasan dalam Rangka Pengawalan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan Nasional.

Kaper BPKP Gorontalo Raden Murwantara mengungkapkan fokus dan hasil pengawasan BPKP selama kurun 2020 lalu. Kondisi pandemi Covid-19 menjadi catatan penting dan penjelasan terkait kendala pencapaian Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga penanganan Covid-19 di daerah. Pengawalan pelaksanaan penanganan Covid-19 ada di tiga aspek yakni kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi. Untuk rekomendasinya secara terperinci, juga telah diberikan rekomendasi kepada masing-masing pihak.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memberikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada BPKP Perwakilan Gorontalo atas dedikasinya dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan di Provinsi Gorontalo dan berharap kerja sama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan BPKP akan terus terpelihara dan semakin erat, sehingga dapat menciptakan pemerintahan yang ber-akuntabilitas tinggi, transparan dan akuntabel serta mampu mensejahterakan rakyat Provinsi Gorontalo.

Pertemuan tersebut ditutup dengan penyerahan dokumen hasil pengawasan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo kepada Wakil Gubernur dan diakhiri dengan foto bersama.