107 Orang Mengikuti Sosialisasi Rencana Strategis Deputi Bidang PPKD 2020-2024

Renstra Deputi Bidang PPKD tahun 2020-2024 merupakan suatu sarana dalam berkinerja,   menentukan  arah kebijakan  dan strategi  dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya untuk  periode lima tahun ke depan sesuai dengan tujuan dan sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam Renstra BPKP Tahun 2020-2024. Dalam  penyusunannya,  Renstra  Deputi  Bidang  PPKD  Tahun  2020-2024 selain  mengacu  pada Peraturan  Pemerintah  Nomor  60 Tahun 2008  tentang  Sistem  Pengendalian  Intern Pemerintah  (SPIP)  yang memberikan   amanah   kepada  BPKP  untuk melakukan   pembinaan penyelenggaraan  SPIP pada Kementerian,  Lembaga, dan  Pemerintah Daerah serta melaksanakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan  negara,  juga mengacu  pada  Instruksi   Presiden  Nomor  9 Tahun  2014 tentang Peningkatan  Kualitas  Sistem Pengendalian Intern  dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern  Dalam Rangka Mewujudkan  Kesejahteraan Rakyat.  Penyusunan  Renstra  Deputi  Bidang PPKD Tahun  2020-2024 juga dilakukan dengan memerhatikan   perubahan  latar belakang  dan kondisi  lingkungan  strategis.

Dalam  perencanaan  strategis tahun  2020-2024, kegiatan  pengawasan intern  Deputi  Bidang PPKD  baik dalam  bentuk  kegiatan  konsultansi  (consulting)   maupun  kegiatan  pemberian keyakinan (assurance) diarahkan  untuk  menjaga akuntabilitas  keuangan  dan kinerja  daerah serta akuntabilitas pembangunan daerah. Pencapaian akuntabilitas keuangan dan pembangunan daerah ini perlu ditopang dengan tata kelola pemerintah  yang baik. Terkait  peningkatan tata kelola  (governance  system),  Deputi  Bidang  PPKD memberikan   konsultansi  terkait dengan manajemen  risiko,  pelaksanaan sosialisasi, pembimbingan,  dan konsultansi  penyelenggaraan sistem  pengendalian  intern  (SPIP)  kepada  K/L/D, dan  pembinaan  kapabilitas  APIP K/L/D. Penguatan atas ketiga unsur tata kelola yaitu SPIP, manajemen risiko dan kapabilitas APIP akan dapat memperkuat akuntabilitas keuangan dan pembangunan daerah.

Deputi Bidang PPKD menetapkan  3 (tiga)  sasaran program  yang merupakan  hasil yang akan dicapai dari pelaksanaan program  dalam rangka pencapaian sasaran strategis  BPKP. Sasaran program tersebut mencerminkan  berfungsinya keluaran. Adapun ketiga sasaran program tersebut meliputi: 1) Meningkatnya Pengawasan atas Akuntabilitas  Keuangan dan Kinerja  Daerah; 2) Meningkatnya  Pengawasan atas Akuntabilitas  Pembangunan Nasional;  dan 3) Meningkatnya Pengawasan Pembangunan atas Kualitas Pengendalian Intern Pemerintah Daerah. Setiap sasaran program yang telah ditetapkan akan diukur dengan indikator kinerja program untuk mengetahui tingkat keberhasilan pencapaian hasil dari program yang dilaksanakan.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, Perwakilan BPKP dapat menjadikan rujukan Renstra Deputi PKD Tahun 2020 tahun 2024 khususnya terkait dengan penetapan sasaran program maupun kegiatan yang akan dilakukan selama 5 tahun kedepan khususnya yang akan dilaksanakan oleh Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah maupun Bidang Program dan Pelaporan/P3A. (/rief)