Terobosan Pelaksanaan Kegiatan Management Development Program di BPKP

Pada hari Senin (13/07), Dadang Kurnia selaku Deputi Kepala BPKP Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah berkenan untuk memberikan arahan. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Management Development Program yang menjadi terobosan  dan baru pertama kali dilakukan di BPKP, hal ini sebagai upaya mempercepat para pejabat baru untuk menjalankan tugas-tugasnya.

Beliau juga menegaskan kepada para Pejabat Struktural dan Korwas agar dalam melaksanakan penugasan memperhatikan hal berikut:   Pertama, selalu menjaga dan melihara amanah tanggung jawab yang telah dipercayakan pimpinan BPKP; Kedua, harus bisa membangun kaderisasi dalam organisasi yang dipimpinnya;Ketiga, menerapkan prinsip “Building Block”, yaitu ketika masuk dalam organisasi jangan hanya menyalahkan hasil ataui pekerjaan dari pejabat sebelumnya; Keempat,selalu menjaga integritas diri sendiri dan anak buah; Kelima, membangun komunikasi yang baik dan efektif kepada pegawai milineal BPKP maupun pegawai BPKP yang lebih senior. Keenam, jangan pernah berhenti mengembangkan kompetensi menghadapi pekerjaan ke dapan yang semakin kompleks.

Selama 5 hari penyelenggaraan, peserta orientasi akan mendapatkan pembekalan mengenai gambaran Tugas pokok dan fungsi direktorat di lingkungan Kedeputian Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah. Fokus kegiatan pengawasan yang disampaikan antara lain mengenai Sistem Informasi Pengawasan Akuntabilitas Keuangan daerah yang terdiri dari SIMDA Integrated, SIMDA Keuangan, Simda BMD dan SIMDA Pendapatan; Pengawasan lintas sektroral di daerah yang terdiri dari Pengawasan PEN Daerah, Pengawasan Bansos bersumber darri APBD, Pengawasan OPAD dan Pengawasan RKP Tahun 2020; pengawasan akuntabiitas keuangan desa dengan pengimplementasian Aplikasi Siskeudes, Pengawasan keuangan desa dengan menggunakan aplikasi Siswaskeudes; serta peningkatan tata kelola Pemerintah Daerah dengan fokus pembinaan penyelenggaraan SPIP, pembinaan implementasi manajemen risiko dan pembinaan Peningkatan Kapabilitas APIP. (/rief)