HUT ke-22, 9 Pemda di Provinsi Papua Barat Raih WTP

Manokwari (12/10)- Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Moch. Fahrudin menghadiri upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Provinsi Papua Barat yang bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Papua Barat.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya, Dominggus mengajak seluruh masyarakat Papua Barat merenungkan dan menghayati kembali bahwa kelahiran Provinsi Papua Barat di Tanah Papua merupakan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus disyukuri.

“Adanya upaya pemekaran atau pembentukan daerah otonom baru selalu ditunjukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan umum kepada masyarakat” ujar Dominggus.

Pada kesempatan ini, Dominggus berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengisi dan mempertahankan eksistensi Provinsi Papua Barat demi masa depan anak cucu. Kemudian, ia juga berpesan kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan di lingkungan pemerintahan Provinsi Papua Barat tetap semangat bekerja keras, melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai amanat yang diemban.

Lebih lanjut, Dominggus kembali menceritakan lahirnya Provinsi Papua Barat karena ada banyak pihak yang turut terllibat dalam proses terbentuknya provinsi ini.

Acara peringatan HUT ke 22 Provinsi Papua Barat dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis satya lencana kepada PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 yang diserahkan oleh Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat Burhani.

Tahun ini, Pemerintah Republik Indonesia memberikan Plakat Penghargaan kepada sembilan pemda yang berhasil meraih opini WTP sebanyak lima kali berturut-turut (periode 2016-2020) yaitu Provinsi Papua Barat, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambarauw, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Fakfak.

Hal yang ikut membanggakan Pemda Kabupaten Pegunungan Arfak berhasil meraih Opini WTP untuk pertama kalinya atas pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2020.

Upacara Peringatan HUT ke-22 Provinsi Papua Barat dihadiri Forkopimda Papua Barat, Wakil Bupati Manokwari, Bupati dan Wakil Bupati Fakfak, para pimpinan OPD dan instansi vertikal serta pegawai di lingkup Provinsi Papua Barat.

(Kominfo BPKP Pabar)