BPKP Pastikan BST Disalurkan Tepat Waktu dan Tidak Ada Pemotongan

Manokwari (31/07)- Kementerian Sosial RI kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Keluarga Penerima  Manfaat (KPM) dengan menggandeng Kantor Pos Manokwari dalam proses penyalurannya. Seperti sebelumnya, BST merupakan bantuan sosial tunai yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah terdampak COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Penyaluran BST tahap 14 dan 15 untuk bulan Mei dan Juni 2021 di wilayah kerja Kantor Pos Manokwari dapat ambil oleh KPM BST sesuai jadwal mulai tanggal 26 s.d. 28 Juli 2021, dengan besaran nilai BST yang diberikan kepada KPM BST sebesar Rp300.000,00 per bulan dan penyaluran pada bulan Juli 2021 ini disalurkan langsung dua bulan sekaligus sebesar Rp600.000,00. Total KPM BST tahap 14 dan 15 bulan Mei dan Juni 2021 pada 13 kabupaten/kota se-Provinsi Papua Barat berjumlah sebanyak 16.701 KPM.

Pada 26 Juli 2021 lalu, Tim Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat turun langsung melakukan monitoring launching penyaluran BST di wilayah Kantor Pos Manokwari yang bertempat di Lapangan Kodim XVIII/Kasuari, dan dalam waktu yang bersamaan juga dilakukan penyaluran di Distrik Prafi dan Distrik Masni. Dalam launching penyaluran BST tersebut langsung dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Manokwari beserta OPD terkait, Kepala Kantor Pos Manokwari beserta Satgas Penyaluran BST dan dalam launching ini, Bupati Manokwari melakukan penyerahan secara simbolis BST kepada perwakilan KPM BST.

Dalam sambutan pada launching tersebut, Kepala Kantor Pos Manokwari Dedy M. Siahaan meminta langsung kepada Bupati Manokwari untuk memberikan dukungan melalui OPD terkait beserta jajarannya melalui distrik dan kelurahan untuk menginformasikan kepada KPM BST yang terdaftar agar segera mengambil BST tersebut dan juga menegaskan pihaknya tidak melakukan pemotongan terhadap BST yang disalurkan kepada KPM BST

“Jika ada KPM yang menerima, mendapatkan atau melihat ada pemotongan tolong laporkan kepada kami” tegasnya.

Bupati Manokwari Hermus Indou pada kesempatan ini mengatakan masyarakat harus dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Memang kalau dilihat bantuan ini sedikit, tapi gunakanlah yang sedikit ini untuk prioritas dalam rumah” ujarnya.

Tak hanya sekeder melakukan monitoring, tim juga mewawancarai KPM pada 31 Juli 2021 di Kantor Pos Manokwari. Salah satu penerima bantuan Michael Manggaprouw yang bekerja sebagai nelayan mengatakan adanya bantuan ini dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Tidak ada potongan dalam bantuan ini. Rencananya untuk beli makan dan kehidupan sehari-hari” kata Michael.

(Kominfo BPKP Pabar)