Pastikan Tepat Sasaran Penerima Bansos, BPKP Pabar Turun ke Lapangan

Manokwari (29/07)- Seperti yang telah diungkapkan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas Evaluasi PPKM 16 Juli 2021 lalu, BPKP diminta untuk terjun langsung mendampingi penyaluran bantuan sosial (bansos) baik PKH, BLT-DD, BST maupun bantuan beras. Presiden menghimbau agar bantuan tersebut segera disalurkan kepada masyarakat.

Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat turut mendampingi dan mengawasi penyaluran Bantuan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (BB-PPKM) yang diberikan pemerintah agar tepat sasaran di Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST), masing-masing KPM menerima 10 kg beras. Jumlah penerima bantuan di Distrik Manokwari Timur sebanyak 742 KPM. Target penyaluran se Provinsi Papua Barat sendiri sejumlah 53.509 KPM.

Plt. Kasi Umum dan Perijinan Kantor Distrik Manokwari Timur Orpa W. Mandowen menjelaskan mekanisme penyaluran bansos sesuai jadwal yang telah ditetapkan agar tetap menjaga protokol kesehatan. Kamis (29/07), penyaluran untuk dua kampung yakni Kampung Aipirin dan Kampung Bakaro.

Tak hanya tepat sasaran, BPKP juga  bertugas memantau penyaluran guna memastikan penyaluran tepat jumlah, tepat waktu, sehingga tidak terjadi penerimaan bantuan ganda.

Dalam menjalankan tugasnya, tim Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat tetap menjaga dan mengikuti protokol kesehatan.

(Kominfo BPKP Pabar)