BPKP Pabar Hadiri Rakor Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021

Manokwari (10/03)- Sehubungan dengan telah berakhirnya Tahun Anggaran (TA) 2020 dan berlangsungnya pelaksanaan anggaran TA 2021, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Didik menghadiri acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021 di Aula Gedung Keuangan Negara Manokwari. Acara ini berlangsung secara tatap muka dan daring.

Rakor ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Provinsi Papua Barat Moch. Ali Hanafiah. Tujuan diselenggarakannya rakor tersebut untuk mensinergikan peran Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat, KPPN Manokwari, KPPN Sorong dan KPPN Fakfak dengan masing-masing satuan kerja khususnya dengan pejabat/pengelola keuangan agar layanan perbendaharaan dapat lebih baik dari TA 2020.  

Dalam sambutannya, Ali Hanafiah menyampaikan efektivitas realisasi APBN TA 2021 sangat penting dalam mengurangi dampak negatif pandemi dan pelaksanaanya harus memiliki kriteria tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat kualitas. Akselerasi belanja APBN tersebut mampu mendorong kembali pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi akbibat COVID-19 pada TA 2020.

“Momentum perbaikan baik dari sisi penanganan COVID-19 dengan vaksinasi dan percepatan belanja ini perlu terus dijaga sebagai modal pemulihan ekonomi di tahun 2021. Dengan demikian kami berharap target pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi pada tingkat 5,0 persen dapat dicapai” ucap Ali Hanafiah.

Pada akhir sambutan, Ali Hanafiah mengharapkan pada tahun 2021 kinerja pelaksanaan anggaran masing-masing satuan kerja (satker) kementerian/Lembaga dapat ditingkatkan menjadi semakin berkualitas (spending better) sesuai dengan capaian dan output yang telah ditetapkan.

“Kami juga berharap sinergi lintas sektoral terus ditingkatkan dan menjalin koordinasi serta komunikasi yang lebih intensif lagi guna mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi” sambungnya.

Pada kesempatan ini, Kanwil DJPb memberikan apresiasi atau penghargaan kepada satker yang konsisten dalam melaksanakan penyerapan anggaran sesuai dengan kondisi ideal realisasi anggaran pada masing-masing target triwulan.

(Kominfo BPKP Pabar)