BPKP Malut Dampingi Kabupaten Halsel Dalam Mencapai Level 3 Maturitas SPIP

Dalam rangka mempererat silaturahmi, Plt. Inspektur Kabupaten Halmahera Selatan Chairudin A. Rahman mengunjungi Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara pada Jumat (7/1/20222). Di ruang kerjanya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyambutnya dengan hangat. Pada kesempatan tersebut Edy Suharto didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Safi' Mahmud, Koordinator Pengawasan Bidang P3A Edy Pramono, dan Dalnis Bidang P3A Rizal. Kunjungan ini merupakan kunjungan silaturahmi sekaligus koordinasi terkait permasalahan APIP di Kabupaten Halmahera Selatan. 
 
Pada Awal perbincangan, Chairudin memperkenalkan dirinya sebagai Pelaksana Tugas Inspektur Halmahera Selatan dan dilanjutkan dengan menyampaikan salam dari Bupati Halmahera Selatan untuk Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto. Selanjutnya, Chairudin menyampaikan bahwa Halmahera Selatan ingin meningkatkan level maturitas SPIP supaya dapat mencapai level 3, untuk itu Chairudin meminta kepada BPKP untuk dapat memdampingi dalam proses penerapan SPIP di Kabupaten Halmahera Selatan. Chairudin juga meminta kepada BPKP untuk dapat memberikan sosialisasi terkait SPIP terintegrasi agar dapat terintegrasi dengan penilaian IEPK dan manajemen risiko. Tak hanya itu, Chairudin juga meminta BPKP untuk dapat mendampingi APIP dalam peningkatan kapabilitas APIP maupun mempertahankan level 3 kapabilitas APIP yang telah diraih Kabupaten Halmahera Selatan. Di akhir perbincangannya,  Chairudin berharap dengan bergantinya pejabat yang baru BPKP dapat selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupatem Halmahera Selatan. 
 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto selalu siap mendampingi dalam peningkatan kapabilitas APIP di Maluku Utara khususnya di Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Untuk peningkatan kapabilitas APIP tersebut, BPKP Maluku Utara akan memberikan pelatihan atau diklat kepada APIP di Kabupaten Halmahera Selatan dan akan memberikan pendampingan-pendampingan lainnya. Selain itu, Edy Suharto menyampaikan bahwa BPKP akan selalu mendorong Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dalam pencapainan level 3 Maturitas SPIP. BPKP akan menerjunkan sejumlah tim untuk  memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis terkait penerapan SPIP terintegrasi yang baik. (Kominfo BPKP Malut/April)