Wujudkan Kualitas Kinerja Terbaik, BPKP Adakan Refleksi Pengawasan

Ternate (20/01) – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara mengikuti video conference bersama Kepala BPKP terkait  Refleksi Pengawasan BPKP Tahun 2020 Dan Rencana Tahun 2021 pada pagi ini (20/01). Vidcon berlangsung pada pukul 10.30 – 18.00 WIT dengan tema “Penajaman Pengawasan yang Holistik, Integratif, Tematik, dan Spasial Untuk Mendukung Kebijakan Pembangunan Nasional.” Kegiatan ini diikuti oleh Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto, para Deputi Kepala BPKP, dan Kepala Perwakilan di seluruh Indonesia. Sementara dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara diikuti oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo, Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang IPP Wahyu Hartono, Korwas Bidang APD Tousiama Onisimus Adoe, Korwas Bidang Investigasi Mohamad Riyanto, Korwas Bidang P3A Safi’ Mahmud, Kasubag Kepegawaian dan Umum Yusep Susanto, dan Analis Pengelola Keuangan APBN Muda selaku Subkoordinator Keuangan Angga Aria Kusuma.
 
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh. Dalam arahannya, Ateh menyampaikan hasil pengawasan tahun 2020 yang telah dilaksanakan BPKP di tahun 2020. Dalam hal ini BPKP Pusat dan Perwakilan BPKP telah melaksanakan kegiatan pengawasan sebanyak 9760 kegiatan yang meliputi :
1. Pengawasan penyaluran jaring pengaman sosial, 
2. Pengawasan program pemulihan ekonomi nasional, 
3. Pengawasan atas pembangunan infrastruktur, 
4. Pengawasan penanganan dampak kesehatan,
5. Pengawasan atas food estate
6. Pengawasan atas PBJ dalam rangka persiapan Pilkada 2020, dan 
7. Penguatan tata kelola instansi pemerintahan dan korporasi. 
 
Selain itu, Ateh juga menyampikan fokus utama hasil pengawasan BPKP tahun 2020 terdapat pada akuntabilitas pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan pembangunan, ketahanan keuangan daerah menghadapi pandemi, dan akuntabilitas PBJ di kala pandemi.
 
Pada akhir arahannya, Ateh berpesan kepada seluruh Perwakilan agar dapat menciptakan value bagi pemerintah daerah setempat melalui high level (gubernur) dengan pengawasan yang tematik sesuai dengan isu kedaerahan. Selain itu, Ateh berharap seluruh Perwakilan dapat bekerja secara kolaboratif sehingga menciptakan hasil yang maksimal dan inovatif.
 
Kegiatan refleksi pengawasan dilanjutkan dengan paparan dari para Deputi di lingkungan BPKP dan tanggapan dari perwakilan BPKP di seluruh Indonesia.  Dalam hal Ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyampaikan capaian kegiatan pengawasan 2020 dan hambatan yang di hadapi di wilayah Maluku Utara. (Kominfo BPKP Malut/April)